TNI AU Siap Operasikan Drone Tempur ANKA yang Dibeli Menhan Prabowo dari Turki

Tak Berkategori189 Dilihat

Selasa, 15 Agustus 2023 – 17:48 WIB

Jakarta – Kementerian Pertahanan Republik Indonesia (Kemhan RI) berencana membeli 12 unit pesawat nirawak atau drone tempur ANKA yang diproduksi Turkish Aerospace. 

Baca Juga :

Tim Teknis Bentukan PDIP dan Golkar Bubar Dengan Sendirinya

Menanggapi pembelian drone tempur tersebut, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI R. Agung Sasongkojati mengatakan, TNI AU siap mengoperasikan drone itu jika sudah dikirim ke Indonesia.

“Angkatan Udara sendiri sudah mengoperasikan drone ya, ada dua jenis drone, tipe tactical yang sekarang (bermarkas) di Pontianak dan tipe MALE yang ada di Natuna. Kami sudah biasa mengoperasikan drone tersebut, kalaupun kita akan dibelikan drone lain, saya kira nggak ada masalah,” kata Kadispenau Marsma TNI R. Agung Sasongkojati di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa, 15 Agustus 2023.

Baca Juga :

Koalisi Masyarakat Sipil Protes soal Mayor Dedi Tak Kena Pidana

Kadispenau menambahkan, prajurit TNI AU sudah terbiasa menerbangkan drone dengan remote maupun simulasi kokpit. Bahkan, dia mengaku drone yang dioperasikan TNI AU saat ini memiliki performa seperti halnya pesawat pada umumnya.

“Di Indonesia satu-satunya drone yang terbang dengan jalur penerbangan sipil adalah kami. Kenapa? Karena orang nggak tahu itu drone apa, dia terbang seperti pesawat, kita calling seperti pesawat normal, dan terbang. Performa nggak jauh dari pesawat normal,” ujarnya.

Baca Juga :

Ringkus Perompak Sungai Amazon Usai 2 Kali Kena Tembak, Pria Ini Ternyata Mantan Anggota Marinir

VIVA Militer: Kadispenau Marsma TNI R. Agung Sasongkojati

Lebih jauh, Agung Sasongkojati mengisahkan, Angkatan Udara Amerika Serikat juga awalnya mengerahkan pilot pesawat tempur untuk mengendalikan drone.

Halaman Selanjutnya

“Namun, kami para pilot Angkatan Udara siap. Di Amerika pun untuk pilot drone itu pada fase awal 10 tahun pertama, mereka menggunakan pilot F-16 yang menerbangkan,” kata Agung.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *