Selalu Kembung saat Naik Pesawat Terbang Ikuti 8 Tips Ini

Tak Berkategori252 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Perjalanan udara dapat menyebabkan banyak masalah pada tubuh, mulai dari kulit kering, telinga berdenging, hingga kembung. Meskipun sebagian besar dari gejala ini sama sekali tidak berbahaya, tentu ingin menghabiskan waktu berjam-jam dalam penerbangan dengan nyaman dan sampai di tujuan dengan baik.

Kembung adalah masalah umum bagi sejumlah penumpang pesawat, menyebabkan ketidaknyamanan bagi sebagian orang, tetapi juga mual dan sakit perut bagi sebagian lainnya. Tapi untungnya hal itu dapat dikurangi dengan beberapa perubahan sebelum dan selama perjalanan Anda.

Ashleigh Tosh, pakar kesehatan dan nutrisi dari Prepped Pots menjelaskan kembung selama di pesawat sangat umum, terutama untuk mereka yang memiliki sindrom iritasi usus. “Ketinggian yang tinggi dapat membuat gas di perut Anda mengembang yang menyebabkan kembung,” ujarnya. 

Berikut ini beberapa cara menghindari perut kembung

1. Hindari makanan yang umumnya menyebabkan kembung

Jika Anda mengalami kembung biasa, ada baiknya menghindari makanan yang menyebabkannya sebelum terbang. Misalnya makanan yang mengandung gandum dan susu, tetapi mungkin membantu untuk memulai mencatat asupan makanan di bulan-bulan sebelum perjalanan Anda untuk melacak gejala dan apa yang telah Anda makan. Saat Anda mengetahui pelakunya, hindari menjelang penerbangan.

2. Hindari minuman bersoda

Minuman berkarbonasi dan bersoda melepaskan udara saat bergerak melalui sistem pencernaan, yang menyebabkan kembung. Mengkonsumsi ini selama atau sebelum penerbangan Anda meningkatkan risiko kembung, jadi pilihlah minuman lain. 

3. Pertimbangkan kursi lorong

Ashleigh merekomendasikan memilih kursi lorong jika memungkinkan, karena ini memungkinkan Anda untuk bangun dan berjalan-jalan pendek secara teratur. “Sebagai pedoman umum, bergerak di pesawat dan berjalan-jalan kecil dapat mengurangi tekanan di perut Anda,” katanya.

Menjaga tubuh Anda bergerak membantu mengurangi kembung serta risiko masalah seperti Deep Vein Thrombosis, yang sangat penting jika Anda melakukan penerbangan jarak jauh.

Iklan

4. Minum banyak air

Minum air menghilangkan kelebihan natrium dalam tubuh Anda yang menyebabkan Anda merasa kembung. Hal ini dapat semakin parah jika mengkonsumsi makanan pesawat yang asin. Ini juga berarti lebih banyak perjalanan ke toilet yang berarti tubuh Anda akan terus bergerak.

5. Hindari mengunyah permen karet

Menurut Ashleigh, makan permen karet bisa menyebabkan Anda menelan udara berlebih, menyebabkan penumpukan gas di perut yang merupakan penyebab umum kembung. Jika Anda biasanya menggunakan permen karet untuk mencegah telinga berdenging, pertimbangkan untuk mengisap lollipop.

6. Teh herbal

Teh seperti peppermint, jahe, dan kamomil semuanya dikenal untuk mengurangi kembung, ditambah beberapa memiliki sifat anti-muntah untuk mencegah penyakit saat berada di ketinggian atau dapat menenangkan Anda jika Anda gugup.

7. Makanlah makanan yang lebih ringan

Jika Anda makan dalam perjalanan, cobalah makan makanan yang lebih ringan seperti protein, buah-buahan, dan sayuran yang lebih mudah dicerna. Ini juga bermanfaat untuk menukar makanan besar dengan camilan kecil selama penerbangan, memberikan waktu bagi usus Anda untuk memproses makanan.

METRO UK

Pilihan editor: Penumpang Eurowings Beli Semua Kacang Agar Tak Ada yang Buka Bungkusnya Selama Penerbangan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *