Isu Cawapres, Gus Yahya Sebut NU Tidak Pernah Minta dan Merebut Jabatan

Tak Berkategori86 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Ketua Umum PBNU Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya memastikan Nahdlatul Ulama (NU) tidak pernah meminta apalagi merebut jabatan. Hal ini Yahya sampaikan di tengah ramainya pencarian sosok calon wakil presiden atau cawapres yang berlatar belakang NU oleh para kandidat bakal calon presiden. 

Menurut Yahya, PBNU bakal selalu istikhomah memperjuangkan kepentingan agama, bangsa dan dunia. Bukan sekadar kepentingan organisasi apalagi kepentingan orang perorang di PBNU.

“NU dari dulu tidak pernah minta. Dari dulu kiai kita ndak pernah nyodor-nyodorkan untuk merebut jabatan,” kata Yahya dalam keterangannya, Sabtu, 12 Agustus 2023. 

Bahkan, Yahya mengklaim sejak awal kemerdekaan NU tidak pernah mementingkan golongan apalagi keluarga. Ia menyebut ada sebuah cerita di detik-detik kemerdekaan yang membuktikan NU selalu mementingkan bangsa dan negara.

“Dulu itu menjelang kemerdekaan RI. Di tengah instensnya pergulatan persiapan kemerdekaan dengan PPKI dan BPUPKI di mana di situ KH Wahid Hasyim (ayah Gus Dur) putra Hadratusyech KH Hasyim Asyari menjadi salah seorang tokoh utama panitia 9,” kata Yahya.

Yahya menyebut saat itu ada seorang perwira Jepang mualaf bernama Naobuharo Ono alias Abdul Hamid yang bertanya kepada Hasyim soal sosok yang pantas menjadi memimpin negara ketika Indonesia merdeka. Mendapat pertanyaan itu, Hasyim menjawab Insinyur Soekarno. 

Iklan

“Padahal putranya sendiri ini (KH Wahid Yasyim) tokoh utama. Kenapa ndak disebut ya kalau bisa Wahid Hasyim. Beliau dengan tanpa ragu menyebut insinyur soekarno,” kata Yahya. 

Ketegasan Hasyim tersebut, kata dia, murni karena melihat yang terbaik untuk memimpin Indonesia pada waktu itu adalah Soekarno. Dari kisah ini, Yahya menyebut NU harus selalu berpikir tentang yang terbaik di bangsa dan negara ini bukan untuk NU sendiri.

“Kita tidak peduli dari mana asalnya yang penting yang terbaik untuk bangsa dan negara,” kata Yahya.

M JULNIS FIRMANSYAH 

Pilihan Editor: Presiden PKS Beri Sinyal Dukung Duet Anies – AHY



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *