Ekonomi RI Kuartal II-2023 Tumbuh 5,17 Persen

Tak Berkategori140 Dilihat

Senin, 7 Agustus 2023 – 12:07 WIB

Jakarta – Perekonomian Indonesia secara tahunan atau year-on-year (yoy) tumbuh sebesar 5,17 persen pada kuartal II-2023. Hal itu dilaporkan Deputi Bidang Neraca dan Analisis Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Moh. Edy Mahmud.

Baca Juga :

Ekonom Proyeksi Ekonomi RI Kuartal II-2023 Tumbuh 5,09 Persen

Dia menjelaskan, besaran produk domestik bruto (PDB) pada kuartal II-2023, atas dasar harga berlaku tercatat sebesar Rp 5.226,7 triliun dan atas harga konstan Rp 3.075,7 triliun.

“Sehingga pertumbuhan ekonomi pada kuartal II-2023 dibandingkan kuartal I-2023, secara quarter-to-quarter (q-to-q) tumbuh sebesar 3,86 persen dan secara year-on-year (yoy) tumbuh sebesar 5,17 persen,” kata Edy dalam telekonferensi, Senin, 7 Agustus 2023.

Baca Juga :

Larangan Ekspor Benur Dinilai Hancurkan Ekonomi Nelayan

Gedung BPS / Badan Pusat Statistik

Dia menambahkan, di tengah perekonomian global yang diperkirakan melambat dan menurunnya harga komoditas ekspor unggulan, justru perekonomian Indonesia masih mampu tumbuh solid sebesar 5,17 persen (yoy).

Baca Juga :

Ciptakan Kemandirian Ekonomi,Anak Muda di NTB Berlatih Cara Budi Daya Lebah Trigona

Terlebih, pada kuartal II-2023 ini, pertumbuhan ekonomi Indonesia secara q-to-q lebih tinggi dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

“Ini sejalan dengan pola yang terjadi di tahun-tahun sebelumnya, yaitu pertumbuhan di kuartal II selalu lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan di kuartal I,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya

Selain itu, pertumbuhan ekonomi Indonesia secara tahunan juga konsisten berada pada level 5 persen selama 7 kuartal berturut-turut. “Hal itu menandakan pertumbuhan ekonomi kita semakin stabil,” ujar Edy.

img_title



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *