Desa Hantu di Cina, Rumah-rumah Ditumbuhi Tanaman setelah Ditinggal Penduduk

Tak Berkategori95 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Sebuah desa terbengkalai di Cina telah menarik perhatian dunia dan menjadi daya tarik wisata tanpa diduga. Desa kecil ini berada di sebuah pulau, uniknya rumah-rumahnya ditumbuhi tanaman hingga terlihat seperti hutan dari kejauhan. 

Houtouwan di Pulau Shengshan, bagian dari Kepulauan Shengsi Cina, terlihat seperti cerita dari dongeng. Bekas desa nelayan ini secara resmi dikosongkan pada 2002.

Desa ini pernah menjadi tempat yang makmur dan memiliki lebih dari 3.000 penduduk pada 1980-an. Penduduk Houtouwan hidup makmur untuk sementara waktu, tetapi bertahun-tahun kemudian komunitas nelayan tidak dapat mengimbangi persaingan yang semakin ketat di dekat Shanghai. 

Bertahun-tahun kemudian, rumah-rumah kosong di lokasi tebing telah berlaih fungsi sebagai tempat tumbuhnya tanaman hijau yang subur, menciptakan efek mempesona. Sebagian dinding atau atapnya telah runtuh. 

Kini penduduk desa ini kurang dari selusin. Tapi mereka tidak lagi memancing, melainkan penjual air.

Foto-foto desa terbengkalai ini viral pada 2015 hingga dijuluki desa hantu misterius. Tapi gara-gara foto itu, tempat ini pun jadi perhatian. Banyak wisatawan menelepon pemerintah setempat. Tapi sayangnya tempat itu belum memenuhi syarat sebagai destinasi wisata sehingga belum dibuka untuk umum. 

Iklan

Namun, pada 2017 kawasan tersebut mulai dipersiapkan untuk wisatawan dan platform tontonan dibuka untuk melihat sekilas desa.

Turis juga dapat mendaki di sekitar Houtouwan tetapi tidak diizinkan memasuki rumah kosong karena banyak bangunan yang tidak aman. Pada 2021, 90.000 turis mengunjungi desa tersebut. 

Desa ini hanya berjarak sekitar 40 mil dari Shanghai sehingga sering dipilih sebagai lokasi perjalanan akhir pekan yang populer dari Cina. Mayoritas wisatawan berkunjung di musim panas karena saat itulah pemandangan paling mencolok dengan tanaman hijau yang mekar penuh.

Pilihan Editor: Deretan Kota Hantu di Dunia yang Bisa Dikunjungi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *