China Stop Impor Hasil Laut Jepang Imbas Pembuangan Limbah Air Radioaktif Fukushima

Tak Berkategori208 Dilihat

Kamis, 24 Agustus 2023 – 17:30 WIB

Tokyo – Otoritas bea cukai China, pada Kamis 24 Agustus 2023, mengatakan China akan segera menghentikan impor semua produk hasil laut Jepang, sesaat setelah Jepang mulai membuang air radioaktif olahan dari pembangkit listrik tenaga Nuklir Fukushima Daiichi ke Samudera Pasifik.

Kementerian Luar Negeri China mengecam keras tindakan tersebut, menyebutnya “perbuatan egois dan tidak bertanggung jawab.” China juga bersumpah untuk meningkatkan pengawasan radiasi pada wilayah lautnya menyusul pembuangan air tersebut.

Kementerian Ekologi dan Lingkungan China, yang membawahi unit yang membidangi keamanan nuklir, menyebut tindakan pembuangan air Jepang “sangat egois dan tidak bertanggung jawab.” karena “mengutamakan kepentingannya di atas kesejahteraan masyarakat.”

Baca Juga :

Penembakan Terjadi di Bar California AS, 5 Orang Tewas

Warga berunjuk rasa mengecam keputusan Pemerintah Jepang untuk membuang air limbah radioaktif yang terkontaminasi dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi ke laut.

Dalam sebuah pernyataan, kementerian itu mendesak Jepang untuk memperhatikan masyarakat internasional, dengan melakukan pembuangan air dengan cara ilmiah, aman dan transparan, dan menerima pengawasan internasional yang ketat.

Kementerian itu berjanji akan melacak dan mengevaluasi kemungkinan dampak dari pembuangan air Jepang untuk “menjaga kepentingan nasional dan kesehatan masyarakat kami.”

Di Hong Kong, sekitar 30 demonstran melakukan aksi protes atas pembuangan air tersebut yang dilakukan di depan Konsulat Jenderal Jepang, dengan menyerukan ungkapan seperti Jepang “egois” dan “Laut adalah milik seluruh dunia.” (Ant/Antara)

Baca Juga :

KBRI Tokyo Pastikan Jenazah Ditemukan di Gunma Jepang Adalah WNI, Ini Sosoknya

Warga berunjuk rasa mengecam keputusan Pemerintah Jepang untuk membuang air limbah radioaktif yang terkontaminasi dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi ke laut.

Jepang Mulai Proses Pembuangan Air Radioaktif Fukushima, Diperkirakan Butuh Waktu 30 Tahun

Jepang mulai membuang limbah air radioaktif dari PLTN Fukushima Daiichi ke laut, dan prosesnya diperkirakan akan berlangsung sekitar 30 tahun.

img_title

VIVA.co.id

24 Agustus 2023



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *