Cerita Dian Fiona Rintis Bisnis JINISO, Berawal dari Jeans Jahitan Ayahnya untuk Teman Kuliah

Tak Berkategori308 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – Banyak usaha berawal dari bangku kuliah. Salah satunya yang dirintis oleh Dian Fiona, pendiri merek jeans lokal bernama JINISO. Awal mula dia tergerak memulai bisnis jeans ketika mendapat respons positif dari teman-teman kuliahnya saat memakai jeans jahitan ayahnya.

“Mulanya dari bangku kuliah, aku bawain beberapa jeans buatan papaku ke teman-teman seangkatan. Aku senang bawain mereka jeans untuk dipakai,” ujar Dian saat ditemui di Jakarta Selatan, Kamis, 3 Agustus 2023.

“Trus memang feedback-nya (respons) bagus banget. Mereka bilang nyaman. Sampai aku lihat sendiri ada pemakaian berulang, pakai JINISO lagi, tapi waktu itu aku belum pakai brand JINISO,” lanjutnya.

Selain respons positif kawan-kawan kampusnya, jeans sebagai item mode yang tak lekang oleh waktu juga menjadi pertimbangan Dian terjun ke bisnis jeans. Dian juga memperhatikan ada celah kosong di empat atau lima tahun silam belum ada jenama jeans lokal favorit untuk anak muda.

Iklan

“Aku inget banget di 2019 waktu mulai JINISO, belum ada jeans yang jadi favorit anak muda. Banyak bangetlah jeans yang bagus, tapi harganya mahal banget. Trus ada yang murah, tapi kualitasnya enggak banget. Aku ngeliat ada gap kekosongan yang bisa aku isi. Aku jual jeans yang kualitasnya tidak perlu diragukan lagi, tapi juga harganya kompetitif dan terjangkau,” jelasnya.

Koleksi Jeans Pertama JINISO Model High Waist

Dian mengungkapkan jeans pertama yang dibuatnya dinamai Body Goals, dengan detail model pinggang tinggi (high waist) dan potongan longgar (strecth). Dia kemudian menawarkan koleksi tersebut ke komunitas penari dan mendapat respons positif.

“Aku masuk ke community dancer (komunitas tari), dan di tahun itu lagi demam K-Pop. Jadi, jeans yang aku bikin buat dancer (penari) bebas bergerak sesuai sama tagline JINISO, yaitu JINISO adalah active jeans untuk segala aktivitas,” ucap ibu dua anak itu.

Kenyamanan bergerak saat memakai jeans adalah faktor penting bagi Dian yang juga hobi memakai jeans. Desain jeans yang longgar juga dibuat untuk memperhatikan kebutuhan para hijabers di Indonesia

“Aku sadar banget hijabers pasti mau pakai jeans. Itu dia yang bikin aku buat jeans high waist loose longgar, oversized, jadi hijabers tetap pakai jeans aman, nyaman, dan keren,” jelasnya.

Baca juga: Ingin Memulai Bisnis? Berikut 5 Tantangan yang Bakal Anda Hadapi

(dari kiri) Pasangan selebriti, Tantri Namirah dan Haykal Kamil, serta Co-Founder JINISO Dian Fiona dalam acara kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival di Jakarta Selatan, pada Kamis, 3 Agustus 2023. Foto: CANTIKA/Silvy Riana Putri

Peralihan dari Toko Offline menjadi Online

Sebelum berjualan secara daring atau online, Dian terlebih dulu membuka toko di salah satu kawasan di Jakarta sebelum pandemi. Selama satu tahun, penjualan cukup memuaskan, namun di tahun berikutnya dia melihat ada penurunan dari segi minat belanja secara offline.

“Di tahun berikutnya antusiasme masyarakat mulai menurun sama offline. Di situ aku langsung gercep (gerak cepat), oke kita tutup toko di tahun 2018. Cuma selang satu tahun buka toko,” katanya.

Tak berdiam diri, dia melakukan riset cara berjualan secara daring dan memutuskan berlabuh ke Shopee dengan beragam pertimbangan, salah satunya e-commerce yang diminati kaum hawa.

“Aku temuin Shopee, platform e-commerce yang paling diminati oleh cewek. Dan juga dah expert (ahli) dalam hal fashion,” ucapnya.

“Satu tahun kita gabung sama Shopee, pandemi mulai, beruntungnya saat itu aku ditawarin jadi Shopee Mall. Di pandemi itu, banyak sektor industri yang menurun, bagusnya kita dibantu oleh Shopee melalui exposure. Di mana dulunya orang ga tau JINISO apa sih, sekarang penilaian JINISO dah nyaris sempurna,” tambahnya.

Dian juga berkisah di awal bisnis JINISO, dia dan suami berbagi peran. Sang suami, Roby Chandra, bertugas mengunggah foto di toko daring, sementara Dian bertanggung jawab dalam urusan pengemasan produk. Dan, kini usaha mereka menaungi ratusan karyawan.

“Sekarang, Puji Tuhan, kita udah punya 100 lebih karyawan di kantor, di produksi kita punya ratusan kepala keluarga, orang lokal. Pas aku kuliah papa cuma punya dua rumah produksi, sekarang ada 13 rumah produksi hanya memproduksi JINISO,” jelasnya.

Promo JINISO di Shopee 8.8 di 8 Agustus 2023

Dian membocorkan nantinya di momen puncak kampanye Shopee 8.8 Grand Beauty & Fashion Festival, JINISO akan meluncurkan beberapa item terbaru pada pukul 00.00 di Shopee Live.

“Mengapa Shopee Live agar kita bisa kasih lihat mereka warna, try on untuk dilihat, pengen size (ukuran) apa. Dan di 8.8, ada beberapa yang produk JINISO dengan potongan hingga 88 persen, dan ada pula produk seharga Rp88 ribu. Untuk setiap pembelian produk baru JINISO kasih free belt (ikat pinggang secara gratis),” ucapnya.

Selain JINISO, akan ada produk-produk fashion dari berbagai brand favorit yang menawarkan promo menarik selama satu hari penuh, antara lain Gratis Ongkir Rp0 Sepuasnya, Semua Di Shopee Diskon 50% Seharian, dan Voucher Badai 100% Setiap Jam. 

Pilihan Editor: Jatuh Bangun Iera Hanira Merintis Merek Sepatu Lokal Adorable Projects

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *