Bukan Hanya Angklung, Ini 6 Alat Musik Khas Indonesia yang Terbuat Dari Bambu

Tak Berkategori267 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Bambu dikenal sebagai tanaman yang banyak manfaat. Sudah sejak lama, masyarakat memanfaatkan bambu untuk menunjang kehidupan. Mulai dari perabotan makan, membangun rumah, hingga peranti pemakaman. Di samping itu banyak juga benda kesenian yang dibuat dari bambu termasuk alat musik. Angklung misalnya, alat musik yang baru saja terkerek rekor dunia ini merupakan salah satu produk kesenian dari bambu yang paling populer.

Namun selain angklung, basih banyak alat musik lainyang terbuat dari bambu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar alat musik Indonesia yang terbuat dari bambu:

1. Suling

Mengutip dari id.scribd.com, Suling merupakan alat musik tiup kayu yang terbuat dari bambu. Suling memiliki 6-7 lubang nada pada bagian batangnya dan lubang pemanis pada bagian ujungnya. Berdasarkan ukurannya suling terbagi menjadi suling pegambuhan, suling pegongan, suling pearjan, suling pejangeran dan suling pejogedan.

2. Angklung

Dilansir dari repository.upi.edu, angklung merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari bambu yang bernada ganda atau multitonal. Memainkan angklung pun cukup mudah hanya tinggal digoyangkan saja. Bunyi yang dihasilkan oleh angklung berasal dari benturan badan pipa bambu sehingga menghasilkan bunyi yang bergetar dalam susunan nada 2, 3, sampai 4 nada dalam setiap ukuran baik besar maupun kecil.

3. Calung

Dilansir dari bandung.go.id, calung adalah alat musik jenis pukul yang terbuat dari bahan bambu. Pada mulanya calung hanyalah sekedar hobi, namun seiring berkembangnya zaman calung malah menjadi pertunjukan populer. Calung sendiri terdiri dari 3 macam yaitu calung rantay, calung gambang dan calung jingjing.

4. Butak 

Mengutip dari budaya-indonesia.org, butak atau bambu jitak merupakan alat musik yang terbuat dari bambu, rami, rotan, dan senar gitar listrik. Alat musik ini menimbulkan bunyi – bunyian merdu jika dimainkan. Cara memainkan alat ini yaitu dengan memukul senar gitar listrik yang terbentang pada bambu dengan menggunakan alat pemukul yang terbuat dari kayu.

5. Arumba 

Mengutip dari p2k.stekom.ac.id, Arumba merupakan alat musik ansambel yang terbuat dari potongan bambu mirip Gambang atau saron yang dimainkan dengan cara dipukul. Arumba diperkirakan berasal dari Jawa barat dan diciptakan sekitar tahun 1960-an. Musik ini dikembangkan dari alat musik angklung.

6. Karinding

Mengutip dari ejurnalpatanjala.kemdikbud.go.id, Karinding adalah satu jenis alat musik tradisional, dibuat dari bambu atau pelepah enau. Mulanya. alat digunakan oleh petani untuk mengusir serangga atau burung yang memakan tanaman. Alat musik ini bisa dijumpai di berbagai kebudayaan. Alat ini dimainkan dengan cara disentil oleh ujung telunjuk sambil ditempel di bibir.

Pilihan Editor: Indonesia Pecahkan Guinness World Records Lewat Pagelaran Angklung



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *