Atlet Mandiri Tak Bisa Berangkat Ke Asian Games, Menpora Ungkap Alasannya

Tak Berkategori232 Dilihat

Rabu, 23 Agustus 2023 – 00:15 WIB

Jakarta – Polemik boleh tidaknya atlet mandiri berangkat ke multievent olahraga sudah diputuskan oleh pemerintah. Ada beberapa hal yang mendasari keputusan tidak boleh atlet mandiri berangkat diambil, berikut penjelasannya. 

Baca Juga :

Saksikan Laga Voli Kejuaraan Tarkam 2023 Tangsel, Menpora Dito: Ini Rekreasi Gabung dengan Prestasi

Menurut Menpora Dito Ariotedjo, keberangkatan atlet menuju multievent sudah pasti membawa nama negara. Karena itu, seluruh atlet yang berangkat terutama ke event terdekat seperti Asian Games Hangzhou, China, harus melalui jalur pemerintah dan diberangkatkan oleh pemerintah pula. 

“Pertama, para atlet yang tampil pada Asian Games 2022 Hangzhou, China, membawa nama bangsa Indonesia sehingga sudah selayaknya mendapatkan dukungan pembiayaan Pemerintah untuk keberangkatan sesuai dengan standar biaya kementerian keuangan,” katanya, Senin (22/8). 

Baca Juga :

Kejuaraan Tarkam 2023 Kemenpora Resmi Dimulai, Banyak Talenta Muda Terpantau

Selain itu, dasar pemikiran Orang nomor satu di dunia olahraga Indonesia itu juga menyebut alasan mengapa atlet mandiri tak bisa berangkat ke Asian Games Hangzhou ialah karena adanya keputusan bersama-sama untuk menentukan atlet yang berangkat. 

“Pemerintah dalam memutuskan keberangkatan atlet menuju Asian Games 2022 Hangzou China melibatkan Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat,” ungkap Dito

Baca Juga :

Kritik untuk Pelaksanaan Munas Pengurus Besar Taekwondo Indonesia

Meski demikian, pemerintah juga mengakui dalam proses pengambilan keputusan ada dinamika perbedaan pendapat. Bagi Menpora Dito, kondisi tersebut merupakan hal yang wajar dalam forum rapat. 

“Namun, setelah rapat itu ada keputusan. Dan, keputusan yang diambil itu merupakan kesepakatan bersama diantara semua pihak yakni Kemenpora, Komite Olimpiade Indonesia (KOI) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI). Keputusannya, tidak ada keberangkatan atlet dengan biaya mandiri menuju Asian Games 2022 Hangzhou, China,” tegasnya. 

Halaman Selanjutnya

Pemerintah juga menilai bahwa ajang Asian Games bukanlah ajang test event. Namun, Kemenpora tetap menyiapkan anggaran dan berkomitmen untuk mengirimkan cabang olahraga (cabor) ke kejuaraan internasional yang sifatnya single event, bukan multievent.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *