737 Tahun Prasasti Padang Roco, Hadiah Raja Singasari untuk Siapa?

Tak Berkategori185 Dilihat

Losergeek.org.CO, Jakarta – Salah satu peninggalan Kerajaan Dharmasraya yang terdapat di Sumatera Barat pada abad ke-12 yakni Prasasti Padang Roco, tepatnya dibuat pada 22 Agustus 1286. Di kompleks percandian Padang Roco di Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya prasasti ini ditemukan. 

Prasasti ini menyebutkan bahwa Raja Singasari Kertanagara di Jawa, memberikan hadiah sebuah Arca Amogaphasa kepada  Tribhuwanaraja, Raja Melayu Dharmasraya di Sumatera.

Pada 1911 setelah prasasti ini ditemukan, Prasasti Roco kemudian di bawa ke Jakarta dan ditempatkan di Museum Nasional Indonesia. 

Berikut Isi Prasasti Padang Roco

Prasasti Padang Roco adalah balok yang digunakan sebagai lapik atau alas untuk arca Amoghapasa. Dalam prasasti ini, aksara Kawi digunakan dalam dua bahasa: bahasa Melayu Kuno dan Sanskerta. Isinya terdiri dari empat baris:

1. Sukacita! Pada tahun Saka 1208, bulan Badrawada, hari pertama bulan naik, hari Mawulu wage, hari Kamis, Wuku Mada?kungan, letak raja bintang di barat daya…

2.  …tatkala itulah arca paduka Amoghapasa lokeswara dengan empat belas pengikut serta tujuh ratna permata di bawa dari Bhumi Jawa ke Swarnnabhumi, supaya ditegakkan di Dharmmasraya, 

Iklan

3. Sebagai hadiah Sri Wiswarupa Kumara. Untuk tujuan tersebut paduka Sri Maharajadhiraja Krtanagara Wikrama Dharmmottunggadewa memerintahkan rakryan maha-mantri Dyah Adwayabrahma, rakryan sirikan Dyah Sugatabrahma dan 

4. Samagat payanan han Dipankaradasa, rakryan damun Pu Wira untuk menghantarkan paduka Amoghapasa. Semoga hadiah itu membuat gembira segenap rakyat di Bhumi Malayu, termasuk brahmana, ksatrya, waisa, sudra dan terutama pusat segenap para aryya, Sri Maharaja Srimat Tribhuwanaraja Mauliwarmmadewa.

Prasasti ini dibuat selama masa kerajaan Singasari di Jawa dan Kerajaan Melayu Dharmasraya di Sumatera, menurut penerjemahan Profesor Slamet Muljana. 

Pada 1208 Saka, Raja Singasari Kertanagara memerintahkan agar sebuah patung Amoghapasa Lokeshvara dibawa dari Bumijawa (pulau Jawa) ke Suvarnabhumi (pulau Sumatera) dalam Ekspedisi Pamalayu untuk ditempatkan di Dharmasraya. 

Pada 1347 M, Adityawarman, raja Melayu saat itu, menulis sesuatu di bagian belakang arca. Arca Amoghapasa dipindahkan ke situs Rambahan dekat Sungai Langsat, tetapi Prasasti Padang Roco masih ada di daerah Padang Roco. Akibatnya, kedua artefak ini ditemukan di dua tempat yang berbeda.

Pilihan Editor: Dharmasraya Kerajaan di Tepian Batanghari



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *