Uni Eropa meminta Apple membuka ekosistemnya kepada pesaing

Bisnis271 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kepala industri Uni Eropa Thierry Breton bertanya kepada CEO apel Tim Masak Pembuat iPhone akan membuka ekosistem perangkat keras dan perangkat lunaknya yang dijaga ketat kepada para pesaing. Komentar Breton muncul setelah Cook bertemu di Brussels pada 26 September 2023.

“Langkah selanjutnya bagi Apple dan perusahaan teknologi besar lainnya berdasarkan DMA (Digital Market Act) adalah membuka pintu bagi pesaing,” kata Breton kepada Reuters pada 27 September 2023.

“Baik itu e-Wallet, browser atau App Store, pengguna Apple iPhone harus bisa mendapatkan keuntungan dari layanan kompetitif dari penyedia yang berbeda,” katanya.

DMA yang baru diadopsi menjabarkan daftar hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan yang harus diikuti oleh Apple dan perusahaan teknologi lainnya untuk meningkatkan persaingan.

Breton juga membidik argumen Apple bahwa Apple memiliki ekosistem tertutup yang menimbulkan risiko keamanan dan privasi. “Peraturan UE mendorong inovasi tanpa mengorbankan keamanan dan privasi,” katanya.

Breton menambahkan bahwa DMA mendorong kreativitas tanpa rasa takut. Dikutip MacRumors, Breton mengatakan, “Peraturan UE mendorong inovasi, tanpa mengorbankan keamanan dan privasi.”

iklan

DMA ingin membatasi kekuatan perusahaan teknologi besar. Forum-forum yang ditunjuk sebagai “penjaga gerbang” kini dilarang menawarkan layanan mereka sendiri dan bukan menawarkan layanan pesaing. Awal bulan ini, Apple App Store, Safari dan iOS secara resmi ditunjuk sebagai penjaga gerbang.

Sejauh ini, enam perusahaan telah ditunjuk sebagai penjaga gerbang untuk mewajibkan produk dan layanan digital mereka mematuhi hukum: Alphabet (pemilik Google), Amazon, Apple, ByteDance (pemilik TikTok), Meta (pemilik Facebook, Instagram, dan WhatsApp ) dan Microsoft.

Menurut situs web UE, DMA ingin mengizinkan penjaga gerbang untuk mengizinkan pihak ketiga beroperasi dalam layanan perusahaan, pengguna bisnis mengakses data yang dihasilkan oleh mereka, dan perusahaan untuk melaksanakan kontrak dan perjanjian di luar platform.

Baca Juga  Ni Med Arianti raih medali emas inspirasi Paralimpiade Asian Para Games 2023

Apple menolak menanggapi pernyataan terbaru Breton.

Selalu Pembaruan Informasi terakhir. Mendengarkan Berita terkini Dan berita pilihan dari Tempo.co Di saluran Telegram “Pembaruan Tempo.co”. Klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung kamu harus-Install Pertama, aplikasi Telegram.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *