TPN Ganjar-Mahfud yang Yakin Prabowo Dilantik Jadi Presiden: Tak Mengejutkan.

Bisnis33 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Nomor Induk Calon Presiden 02 Prabu Subianto Ia yakin dirinya adalah pemenang Pilpres 2024 meski hasil penghitungan suara Komisi Pemilihan Umum atau KPU masih menunggu keputusan. Hal tersebut disampaikan Prabowo pada Selasa 5 Maret 2024 di Mandiri Investment Event, Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud Chiko Hakim menilai, klaim Prabowo tidak mengherankan. Alasannya, Chico, karena berulang kali melakukan pelanggaran etik.

Chico dalam keterangannya kepada Tempo, Selasa, 5 Maret 2024 mengatakan, “Tak heran jika KPU koordinator pemilu kembali melakukan pelanggaran etik dengan mendahului putusan.”

Chico menegaskan, proses seleksi belum selesai. Padahal, menurut Chico, bukan sekadar penghitungan suara, melainkan proses pemilu terus berjalan hingga permasalahan dan perselisihan pemilu terselesaikan.

“Kami melihat banyak persoalan dalam Pilpres ini, dari bawah ke atas, pelanggaran-pelanggaran dan kecurangan-kecurangan yang dilakukan secara terstruktur, sistematis, dan masif. Tentu ini akan dibawa ke Mahkamah Konstitusi dan juga akan dibawa ke Mahkamah Konstitusi. Bisa. Nanti ditanyakan melalui hak meminta,” kata Chico.

Meski demikian, Chico memastikan TPN Ganjar-Mahfud akan menunggu hingga penghitungan suara yang dilakukan KPU selesai. “TPN masih menunggu penghitungan suara dan juga permasalahan terkait pemilu, tentunya akan ada perselisihan di Mahkamah Konstitusi.”

iklan

Chico menggambarkan berbagai aksi demonstrasi yang digelar dalam beberapa hari terakhir sebagai kekecewaan masyarakat terhadap pemilu 2024. Beberapa hari lalu pada hari ini, aksi damai digelar untuk memakzulkan Jokowi oleh Partai Rakyat Demokrat (DPD). Ibaratnya setiap hari ada demonstrasi yang dilakukan KPU untuk menolak hasil pemilu, menuntut penyelenggara pemilu untuk dimintai keterangan, dan aksi unjuk rasa lainnya,” kata Chico.

Sejauh ini belum ada pengumuman resmi dari KPU mengenai pemenang Pilpres 2024, namun kubu Prabowo-Gibran yang menyatakan pada 2014. Pada malam hari tanggal 14 Februari 2024, ia mengadakan deklarasi kemenangan. Pernyataan itu berdasarkan hasil hitung cepat yang menunjukkan mereka meraih 58 persen suara.

Baca Juga  Izin Usaha Dibekukan, Pengelola Komplek GBK Minta Hotel Sultan Dikosongkan

Hingga Selasa, 5 Maret 2024 pukul 16.00 WIB, dari 823.236 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang berjumlah 823.236 tempat pemungutan suara (TPS) telah dilakukan pemungutan suara sebanyak 78,10 persen, dengan perolehan suara Prabowo-Gibran menyisihkan dua paslon lainnya.

Prabowo-Gibran memperoleh 75.362.874 suara atau 58,82 persen. Anis-Kak Emin sebanyak 31.376.613 atau 24,49 persen, Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebanyak 21.374.418 atau 16,68 persen.

Pilihan Editor: Politisi PDP mengatakan perolehan suara PSI terhenti setelah banyak yang protes.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *