Top 3 Dunia: Suara Kotor Dibahas di Media Asing, Pemilu Asing.

Bisnis135 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Berita 3 teratas dunia Senin

Sedangkan yang kedua, Kementerian Luar Negeri (KEMLU) meminta seluruh perwakilan Indonesia di luar negeri untuk ikut memantau dan mendukung pemilu atau pemilu di luar negeri.

Sementara itu, untuk ketiga kalinya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI angkat suara terkait dugaan adanya pencoblosan pada surat suara pada pemilu Indonesia yang digelar di Arab Saudi.

Mengikuti 3 teratas dunia secara keseluruhan.

1. Viral Film Suara Kotor Dibahas di Media Asing, Reaksi TKN Prabowo-Gibran Disorot

Sebuah film dokumenter yang ramai ditonton menjelang Pilpres 2024 Indonesia ramai diperbincangkan oleh dua media asing. Reuters Ia membahasnya dalam artikel berjudul “Mahasiswa Indonesia Berencana Tolak Intervensi Pemilu”. Sementara Selat Times Tim kampanye pemilu Prabowo telah mengulas sebuah film dokumenter tentang pemilu Indonesia yang berjudul “Fitnah”.

Di dalam artikel. Reuters Mahasiswa mengatakan mereka merencanakan demonstrasi besar-besaran hari ini, Senin, 12 Februari 2024: “Demonstrasi direncanakan setelah film dokumenter jurnalis investigasi Indonesia Dandi Laksono mendakwa pejabat pemerintah, termasuk polisi dan ibu kota negara, serta badan amal. Pemerintah terbiasa mendukung Prabowo,” tulisnya ReutersSenin 12 Februari 2024.

Baca berita selengkapnya di disini

2. Kementerian Luar Negeri menyatakan meskipun terdapat permasalahan, pemilu berjalan sukses.

Kementerian Luar Negeri (KEMLU) meminta seluruh perwakilan Indonesia untuk ikut memantau dan mendukung menyukseskan pemilihan umum atau pemilu di luar negeri, kata Juru Bicara Lalu Muhammad Iqbal melalui pesan singkat, Senin, 12 Februari 2024. Menurut pantauan Kementerian Luar Negeri, pemilu yang dilakukan di luar negeri dinilai sukses.

iklan

“Sejauh yang kami lihat, semuanya berjalan baik. Memang ada permasalahan di sana-sini, namun dengan dukungan perwakilan Indonesia di masing-masing negara, PPLN bisa menyelesaikan permasalahan tersebut dengan sangat baik,” ujarnya.

Baca Juga  Jerman telah memperketat kontrol perbatasan untuk mengekang imigrasi ilegal.

Baca berita selengkapnya di disini

3. Menariknya, pemungutan suara dilakukan di Arab Saudi, langkah tersebut diambil KPU.

Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU) angkat suara terkait dugaan adanya pencoblosan pada surat suara pada pemilu Indonesia yang digelar di Arab Saudi. Anggota KPU RI Idham Holik mengatakan pihaknya segera berkoordinasi dengan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Jeddah terkait dugaan pencoblosan surat suara tersebut.

“KPU akan segera bekerja sama dengan PPLN Jeddah untuk meminta keterangan lebih lanjut terkait video yang beredar di akun (media sosial) X tersebut,” kata Anggota KPU RI Idham Holik saat dikonfirmasi dari Jakarta.

Idham kemudian menjelaskan, apabila pemilih menerima surat suara yang cacat atau rusak, ia dapat meminta surat suara pengganti. Hal ini diatur dalam aturan pemungutan suara.

Baca berita selengkapnya di disini

Reuters | antara | Nabila Azahra



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *