Tahun Baru Islam 5 Kebiasaan Ini yang Dianjurkan di Bulan Muharram: Puasa dan Menyantuni Anak Yatim

Bisnis13 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – Tahun Baru Islam atau 1 Muharram 1445 Hijriah jatuh pada hari Minggu tanggal 7 Juli 2024. Bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam penanggalan Islam yang mempunyai arti dan keistimewaan tersendiri bagi umat Islam di seluruh dunia.

Di bulan ini, umat Islam merayakan Nabi Muhammad. Juga peristiwa terkenal yang terjadi pada tanggal 10 Muharram yaitu peristiwa Asyura.

Bulan Muharram merupakan salah satu dari empat bulan atau bulan haram yang dimuliakan Allah SWT. Oleh karena itu, keutamaan bulan Muharram hendaknya diisi dengan amal shaleh agar pahalanya berlipat ganda.

Lalu amalan apa saja yang dianjurkan dilakukan di bulan Muharram. Merangkum dari berbagai sumber: Kegiatan yang bisa dilakukan di bulan Muharram adalah sebagai berikut.

Latihan yang dianjurkan di bulan Muharram

1. Puasa

Ada beberapa puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan di bulan Muharram agar dapat merasakan keberkahan bulan Muharram. Amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Muharram adalah berpuasa pada hari ke 10 yang dikenal dengan hari Asyura.

Asyura berasal dari kata asirah yang berarti sepuluh. Keutamaan dan pahala puasa Asyura adalah menghapus atau menghapus dosa-dosa tahun sebelumnya.

tersebut megasyariah.co.idPada tanggal 9 Muharram, disunnahkan bagi umat Islam untuk berpuasa pada hari sebelumnya yang disebut dengan Puasa Tesua.

2. Menghindari perbuatan haram

Bulan Muharram adalah salah satu dari empat bulan Haram dalam Islam, bersama dengan Rajab, Dzul Qaida dan Dzul Hijjah. Artinya, selama bulan Muharram, umat Islam diimbau untuk menghindari aktivitas terlarang, memperbanyak keutamaan, dan memperbanyak amal ibadah.

Mengutip dompetdhuafa.orgBulan Muharram dianggap sebagai bulan suci yang penuh dengan dosa. Oleh karena itu, dosa sekecil apa pun pasti akan membebani timbangan amal lebih berat. Terlebih lagi jika perbuatan tersebut menimbulkan dosa yang besar.

Baca Juga  7 Cara Agar Tidak Cepat Haus Saat Bulan Puasa, Hindari Kafein

3. Perbanyak ibadahmu

Rasool (saw) Oleh karena itu, banyak umat Islam yang berusaha mendapatkan pahala lebih banyak dengan memperbanyak jumlah shalat, puasa dan sedekah selama bulan Muharram.

Puasa terpenting setelah Ramadhan adalah puasa bulan Allah (yaitu Muharram). Sedangkan shalat yang paling utama setelah shalat fardhu adalah shalat malam.Dia berkata. [H.R. Muslim]

4. Santunan kepada anak yatim

Awal bmh.or.idMenyantuni anak yatim di bulan Muharram sangat dianjurkan. Ada berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dalam latihan ini. Diantaranya adalah mendapatkan kenyamanan di surga yang pahalanya seperti berjihad dan perlindungan di hari kiamat.

5. Baca Surat Al-Ikhlas

Amalan sunnah di bulan Muharram selanjutnya adalah membaca surat Al Ikhlas. Surat Al Ikhlas bisa dibaca 1000 kali.

Inilah 5 aktivitas yang dianjurkan dilakukan di bulan Muharram. Semoga informasi ini bermanfaat ya sobat cantik!

Pilihan Redaksi: 5 Kado Istimewa Muharram, Pahala, dan Dosa Ganda

RINDI ARISKA

Hallo sahabat cantik, yuk update informasi untuk para wanita Telegram yang indah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *