Surat Edaran 9 Poin yang dikeluarkan Menteri Agama tentang Pedoman Keagamaan Persiapan Ramadhan dan Idul Fitri 1445

Bisnis34 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMenteri Agama Jacob Cholil Kumas mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan salat Ramadhan dan Idul Fitri pada tahun 1445 Masehi.

Pemerintah akan menggelar rapat Isbat pada tahap awal Ramadan 1445 Hijriah pada 10 Maret 2024. Rapat tersebut akan memutuskan apakah puasa Ramadhan tahun ini akan dimulai pada 11 atau 12 Maret. Sementara itu, Majelis Tarjih Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah memutuskan awal Ramadhan pada 11 Maret 2024. Banyak umat yang akan mulai berpuasa pada 10 Maret 2024.

Di Jakarta, Rabu 6 Maret 2024, Gus Men mengatakan, “Umat Islam diimbau menjaga toleransi dengan Ikhwanul Islam menyikapi kemungkinan adanya perbedaan pendapat dalam keputusan 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024.” Tujuannya agar seluruh umat Islam merayakan Ramadhan dan Idul Fitri sesuai dengan syariat Islam dan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi, tegas Ghus Men.

Surat edaran pembicara dikeluarkan pada 18 Februari 2022. Surat edaran ini secara khusus membahas kebutuhan dan ukuran pengeras suara besar hingga 100 desibel (100 desibel).

Surat edaran ini khusus terkait dengan transmisi Ramadhan dan mengatur penggunaan pengeras suara selama bulan Ramadhan, pada saat salat Tarawih, pelaksanaan pengajian/pengajian Ramadhan, dan membaca Al-Qur’an melalui pengeras suara internal. Sedangkan takbir Idul Fitri dilaksanakan di masjid/musala sampai pukul 22.00 WIB melalui pengeras suara di luar ruangan, setelah itu boleh dilanjutkan melalui pengeras suara di rumah.

Berikut ketentuan lengkap Surat Edaran Menteri Agama No SE. 1 tentang Pedoman Penyelenggaraan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 2024 Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 M.

1. Umat Islam diimbau menjaga Uquwah Islamia dan toleransi dalam menyikapi kemungkinan perbedaan keputusan 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024 M.

2. Umat Islam merayakan Ramadhan dan Idul Fitri sesuai syariat Islam dan menjunjung tinggi nilai toleransi.

Baca Juga  Sifat pasangan yang cemburu dan meracuni hubungan

3. Umat Islam diimbau untuk melengkapi dan memperbanyak penyalurannya selama bulan Ramadhan dengan mengikuti Surat Edaran Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushola.

iklan

4. Umat Islam diajak untuk melakukan berbagai kegiatan di masjid, salat dan tempat lainnya untuk menyebarkan risalah Ramadhan dan mempererat persaudaraan antar masyarakat tanah air.

5. Takbir Idul Fitri dilaksanakan sesuai dengan ketentuan Surat Menteri Agama Nomor 05 Tahun 2022 tentang Pedoman Penggunaan Pengeras Suara di Masjid dan Mushola.

6. Takbir Keliling dilaksanakan mengikuti keputusan pemerintah daerah dan aparat keamanan, menjaga perdamaian, menjaga nilai-nilai toleransi dan menjaga persaudaraan Islam.

7. Sholat Idul Fitri tanggal 1 Syawal 1445 Hijriah/2024 M dapat dilaksanakan di masjid, musala, dan lapangan.

8. Bahan Ajar Ramadhan dan Khutbah Idul Fitri tentang Pedoman Pendidikan Keagamaan Menteri Agama Nomor 09 Tahun 2023 yang Tidak Bermuatan Politik Praktis, Tetap Menjaga Persaudaraan Islam dan Mengedepankan Nilai Toleransi, Persatuan dan Persatuan Nasional.

9. Umat Islam dimohon untuk memperbanyak Zakat, Infaq, bingkisan dan sedekah selama bulan Ramadhan.

Pilihan Editor: Surat edaran 6 poin yang dikeluarkan Kementerian Agama tentang pendidikan siswa Madrasah di bulan Ramadhan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *