Starlink telah menjalin kerja sama di bidang kesehatan, Trengono tak mau kehilangan peluang bagi para nelayan.

Bisnis44 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kementerian Kesehatan atau Kementerian Kesehatan akan bekerja sama Tautan bintangMerupakan layanan internet milik perusahaan Space X milik Elon Musk yang menyediakan layanan internet cepat dan mengakses seluruh pusat kesehatan di daerah terpencil. Kerjasama di bidang kesehatan resmi diluncurkan dengan pemasangan layanan di tiga puskesmas pendukung di Bali dan Kepulauan Aru, Maluku.

Rupanya, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahu Trengono melihat peluang kerja sama yang sama. Dalam laman Twitter resminya, Starlink berharap bisa dimanfaatkan oleh para nelayan. Harapan saya Starlink bisa dimanfaatkan oleh nelayan Indonesia dengan harga terjangkau, tulis Trenggono pada Minggu, 19 Mei 2024.

Menurut Pengamat Telekomunikasi Indotelco Forum Donny Ismanto, sektor kelautan dan lepas pantai merupakan sektor yang berpotensi untuk bersinergi menggunakan layanan Starlink. “Pasti ada potensi lain di sektor maritim,” kata Dhoni saat dihubungi, Senin, 20 Mei 2024.

Dhoni, Asisten Khusus Menteri Kelautan dan Perikanan, mengatakan manfaat layanan Starlink dapat dimanfaatkan oleh nelayan dan kapal penumpang. Menurutnya, potensi tersebut sangat besar untuk dieksploitasi. Berdasarkan data armada penangkapan ikan tahun 2022 yang terdaftar di sistem data Kementerian Kelautan, terdapat lebih dari 900 ribu kapal penangkap ikan bermotor, 772 ribu rincian di antaranya mampu membawa muatan kurang dari 5 gros ton. Belum lagi kapal penumpang seperti Pelini, kargo dan lainnya, ujarnya.

iklan

Namun Dhoni mengungkapkan ada kendala dalam penerapan layanan Starlink, yakni biaya perangkat. “Biayanya sekitar Rp 43 juta, dan perlu berlangganan bulanan,” ujarnya. Jika Starlink serius memperluas kerja sama di sektor lain, tambah Dhoni, sebaiknya hadirkan paket bundling dengan harga menarik.

Pilihan Editor: Terbaru: Elon Musk Bicara Soal PLTS di World Water Forum, Akankah Jokowi Tinggalkan Utang Terbesar Usai Reformasi?

Baca Juga  Netizen mengomentari lagu penghormatan Justin Bieber di pernikahan putra miliarder Mukesh Ambani.

ILONA | IRSYAN Hasim



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *