Soal pertemuan Prabowo dan Surya Paloh, begini tanggapan AHY.

Bisnis44 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta Ketua partai Demokrat Agus Harimurthy Yudhoyono atau AHY enggan menanggapi pertemuan Jumat 22 Maret 2024 antara Calon Presiden Nomor Urut 2 Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Nanti sebentar lagi, kata AHI usai bertemu dengan Partai Demokrat di Hotel Four Season, Jakarta Selatan, Sabtu, 23 Maret 2024.

Meski tak menanggapi pertemuan Prabowo dan Surya Paloh, dalam pidatonya AHY menyinggung koalisi perubahan yang terkesan tidak kuat. Menurut dia, meski proses pemilu belum usai, namun partai-partai koalisi perubahan sudah melakukan aktivitas politik. Namun, tidak dijelaskan secara jelas partai yang dimaksud.

Kita tahu ini (pemilu) belum selesai, kita kesana kemari, kalau kemarin kita (koalisi) dibiarkan saja, kita tahu yang lain pasti kesana kemari karena kita tidak melakukannya. . Katakan saja seperti ini, kan? ” dia berkata.

AHY bersyukur partainya keluar dari Koalisi Perubahan dan bergabung dengan Koalisi Indonesia Raya atau KIM yang mengusung Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Rakan sebagai calon presiden dan wakil presiden. Menurut AHY, memindahkan Demokrat ke KIM adalah cara terbaik. “Banyak hikmah yang bisa kita petik. Kita masih mengira kita berada di tempat yang lama, hancur total kan?” kata Ahi.

Sementara Surya Paloh dan Prabowo bertemu di Nasdem Tower Jakarta, Jumat 22 Maret 2024. Suriya mengatakan pertemuannya dengan Prabowo telah mencapai kesepakatan. Partai Nasdem dan Gerindra sepakat menjaga stabilitas nasional pada pemilihan presiden atau pilpres 2024.

iklan

“Sudah ada kesepakatan antara Gerindra dan Nasdem, stabilitas nasional harus kita jaga,” kata Paloh di Menara Nasdem, Jakarta Pusat, Rabu, 1 Juni 2022.

Pada saat yang sama, Prabowo mengatakan bahwa dia dan Paloh sama-sama bertanggung jawab atas partai tersebut. Namun mereka juga menyatakan berkomitmen menjaga keutuhan Indonesia. “Jadi kita tidak sekedar untuk pemilu, kita lebih dari itu,” ujarnya.

Baca Juga  Berbagai aktivitas fisik yang membantu kesehatan mental dan fisik

Sebagai informasi, Partai Demokrat sebelumnya tergabung dalam Koalisi Perubahan untuk mencalonkan diri melawan Anis Basedan sebagai presiden, bersama Partai Nasdaq dan Partai Keadilan Sejahtera. Namun, setelah bergabung dengan Koalisi Perubahan Partai Kebangkitan Bangsa, ia keluar dari Partai Demokrat dan bergabung dengan KIM yang mendukung Prabowo.

Berdasarkan hasil pengesahan ulang secara nasional yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum atau KPU, Partai Demokrat memperoleh 11.283.160 atau 7,43 persen suara sah. Ia memperkirakan jumlah kursi Partai Demokrat akan berkurang dengan pemungutan suara tersebut.

Pilihan Editor: AHE tenggelam dalam Partai Koalisi Perubahan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *