Simak kisah UKM lokal yang membantu memberdayakan penyandang disabilitas, perempuan, dan petani

Bisnis175 Dilihat

CANTIKA.COM, Jakarta – Regional Development Manager Tokopedia Nafisa Wulandari mengatakan timnya terus berupaya memberikan platform kepada 14 juta pelaku usaha di Indonesia. “(Pelaku usaha yang hampir seratusan di antaranya adalah UMKM lokal, telah menjadi pahlawan perekonomian nasional. UMKM Indonesia telah membuktikan ketangguhannya dalam menghadapi pandemi Covid-19, bahkan menjadi kunci pemulihan perekonomian pasca bencana. pandemi Nafisah November 2023 Awalnya kata Kanthika saat jumpa pers.

Nafisa mengatakan salah satu cara timnya melakukan hal ini adalah dengan inisiatif Hyperlocal Tokopedia. “UKM Indonesia mempunyai peluang yang sama untuk tumbuh dan berkembang. Dengan teknologi geo-tagging, inisiatif hiperlokal Tokopedia dapat mempertemukan penjual dan pembeli di mana pun mereka berada,” kata Nafisa.

“Tokopedia Hyperlocal mempunyai profil yang berbeda-beda. Salah satunya, Koleksi Toko Pilihan (KTP), merupakan halaman produk penjual yang paling dekat dengan lingkungan pembeli. Didukung juga oleh Tokopedia, terdapat layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan para penjual, termasuk UMKM Indonesia, untuk mengantarkan produk ke gudang pintar Tokopedia di area dengan permintaan tinggi, kata Nafisa.

Penting juga untuk memberikan dukungan bisnis online kepada UMKM Indonesia. Misalnya melalui program Seller Education Center, dimana UKM memiliki akses terhadap banyak materi tentang pengembangan bisnis secara gratis. Terdapat beberapa kelas formal di Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, Bekasi, Medan, Bandung, Solo, Surabaya, Semarang, Denpasar yaitu Kelas Mahir Digital dan Kelas Perempuan Mahir Digital untuk UMKM lokal.

Nafisah juga mengatakan bahwa inisiatif hiperlokal telah berhasil mendukung pertumbuhan dan perkembangan UKM lokal. Jumlah penjual tertinggi pada semester I pascapandemi tahun 2023 dibandingkan prapandemi semester II tahun 2019 terlihat di beberapa daerah yaitu Kalimantan Timur, Bali, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Selatan. adalah sekitar 3 kali lipat. “Ini meningkat sekitar,” kata Nefsa.

Selain itu, tercatat daerah dengan jumlah transaksi tertinggi pada semester I pascapandemi tahun 2023 dibandingkan semester II prapandemi tahun 2019 adalah Riau, Sumsel, Lampung, Bali, dan Sumsel. Sulawesi Rata-rata meningkat sekitar 3 kali lipat,” ujarnya.

Selanjutnya Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Gorontalo, dan Papua Barat merupakan beberapa daerah yang kenaikan harga transaksinya paling tinggi pada semester I tahun 2023, dengan rata-rata kenaikan hampir 8 kali lipat dibandingkan semester II tahun 2019 sebelumnya. wabah ini,” kata Nefisa.

Baca Juga  Jokowi meresmikan Satelit Satria-1 dan BTS 4G untuk akses internet di wilayah 3T.

Nafisah menambahkan, hampers dan parsel sembako, kesehatan dan gaya hidup serta pertanian sebagai beberapa subkategori produk mengalami peningkatan jumlah penjual pada semester I pascapandemi tahun 2023 dibandingkan dengan prapandemi semester II tahun 2019. “Rata-rata peningkatannya sekitar 18 kali lipat,” katanya.

Dear One (Jakarta), Kraosan (Kabupaten Magelang, Jawa Tengah) dan Awi Buna (Binjai, Sumatera Utara) adalah contoh UMKM Indonesia di Tokopedia sekaligus pahlawan ekonomi pemberdayaan masyarakat lokal.

UMKM Precious One memberdayakan rekan-rekan difabel untuk memproduksi berbagai kerajinan tangan seperti masker kain, tempat tisu, tas, mainan, bandana, mainan dan lain-lain / Tokopedia.

1. Yang terhormat, dorong rekan-rekan penyandang disabilitas untuk mendapatkan kesempatan kerja yang setara

Ratnawati Sutedjo, pemilik Precious One Business, memiliki kegemaran terhadap kerajinan tangan. Ratna membangun bisnis sosial pada tahun 2004 bersama teman-temannya yang difabel. Meski awalnya ditolak dan dipandang remeh, Ratna tetap mempekerjakan teman-temannya yang difabel.

Melihat senangnya teman-teman difabel memiliki penghasilan, Precious One akhirnya setuju untuk berjualan online. Di tahun Pada tahun 2020, saat terjadi pandemi, Ratna dan teman-temannya yang difabel membuat masker buatan tangan untuk dijual. Hingga akhirnya Precious One mulai dikenal luas setelah dijual di Tokopedia.

Berkat Tokopedia, Precious One mampu menjangkau pasar yang lebih luas, dan hasil penjualannya dapat menghidupi puluhan karyawan Precious One, puluhan teman penyandang disabilitas, termasuk teman-teman tunanetra, tuli, autis, dan down syndrome, kata Ratna.

Data internal Tokopedia juga melaporkan jumlah transaksi Precious One pada semester I tahun 2023 pascapandemi dibandingkan semester II tahun 2019 mengalami peningkatan transaksi sebesar 30 kali lipat dibandingkan sebelum pandemi.

UMKM Magelang, Kraosan berupaya meningkatkan kesejahteraan ibu-ibu dan masyarakat di Magelang dengan menjalankan bisnis online di Tokopedia/Tokopedia.

2. Kraosan menggandeng perempuan perajin untuk menjalankan misi mensejahterakan masyarakat Magelang melalui kerajinan bambu.

Sementara itu, Trikasa Desi Arianti, salah satu pemilik usaha croissant, memiliki misi untuk memajukan dan memperkaya para ibu dan masyarakat melalui Magelang. Desi memberikan bantuan pendidikan kepada perajin croissant dan keluarga tidak mampu, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat Magelang.

Di tahun “Selama pandemi tahun 2020, Croissant menghadapi keterbatasan bahan baku karton yang digunakan untuk mengemas produk makanannya. “Akhirnya kami bekerja sama dengan masyarakat lokal di Magelang untuk membuat kemasan dari bahan baku lain, seperti keranjang bambu Sokase,” kata Desi.

Baca Juga  Teten Masduki menjelaskan bahaya media sosial yang sekaligus bisnis sosial.

“Konsumen di Tokopedia sedang mencari produk kemasan bambu yang digunakan dalam croissant. Maka kami bekerja sama dengan banyak perajin dari Ngadiharjo, Mingir, Windusari, dan Brajan untuk menciptakan kembali kemasan serbaguna atau wadah bambu. untuk menunjang kebutuhan keluarganya. Mereka bisa punya penghasilan sendiri,” kata Des.

Kraosan rutin mengikuti berbagai kampanye di Tokopedia, salah satunya Time to Buy Indonesia (WIB). Selain itu, Kraosan juga kerap memanfaatkan fitur TopAds Tokopedia untuk meningkatkan transaksi guna terus memberdayakan ibu-ibu di desa-desa di Kabupaten Magelang.

Mereka mempromosikan petani kopi lokal di berbagai daerah antara lain Binjai, Sumatera Utara, Tokopedia, Kopi Awi, Gayo dan Tanah Karo/Tokopedia.

3. Kopi Awi, usaha kopi lokal yang memberdayakan petani kopi di Gayo dan Tana Karo.

Kopi Awi merupakan bisnis keluarga asal Binjai, Sumatera Utara yang telah berjalan selama tiga generasi dan kini dijalankan oleh Darwin Jaswin (Awi). Saat itu, Awi ingin kopi lokal premium asal Sumut ini bisa dinikmati masyarakat seluruh wilayah Indonesia.

Awi Coffee menggandeng puluhan petani kopi lokal di wilayah Gayo dan Tanakaro. “Para petani yang bekerja sama dengan kami berasal dari berbagai tempat. “Seperti Pak Karo, beliau pernah menjadi guru olahraga di Thana Karo dan kemudian mulai menanam kopi untuk meningkatkan kapasitas industri kopi lokal,” kata Awi.

Di tahun Setelah dijual secara online di Tokopedia pada tahun 2019, produk Kopi Awi telah menjangkau pasar yang lebih luas di luar Pulau Sumatera. “Awi Coffee aktif menggunakan berbagai kampanye dan fitur yang ditawarkan Tokopedia, seperti Shopping Time Indonesia (WB), Select Store Collection (KTP) dan lainnya. Tokopedia berkontribusi lebih dari 50 persen penjualan online produk kami,” kata Awi.

Melalui berbagai kampanye dan fitur di Tokopedia, Awi Coffee mencatatkan peningkatan penjualan hampir 3 kali lipat selama periode pascapandemi pada semester I tahun 2023 dibandingkan semester II tahun 2019.

Pilihan Editor: Terdapat 32 kategori penghargaan dalam Tokopedia Beauty Awards 2023.

Hallo sahabat cantik, yuk update informasi untuk para wanita Telegram yang indah

Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *