Sidang perdana debat Pilpres besok digelar di MK, berikut jadwal dan pertanyaan para pemohon.

Bisnis82 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono mengatakan lembaganya sudah mempersiapkan segala sesuatunya jelang sidang perdana perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Presiden (PHPU) Presiden 2024 pada Rabu, 27 Maret 2024.

“Pengaturan telah dibuat. “Rencananya sudah kami buat di pengadilan besok,” kata Fajr saat ditemui di Gedung Mahkamah Konstitusi Jakarta. di antaraSelasa, 26 Maret 2024.

Sesuai jadwal yang dibagikan di situs resmi MK, sidang pemeriksaan pendahuluan PHPU Pilpres 2024 akan dibagi menjadi dua sesi.

Perkara Pertama, yakni permohonan yang diajukan Paslon Nomor Urut 01 Anis Basedan dan Muhaimin Iskandar dengan Nomor Pendaftaran 1/PHPU.PRES-XXII/2024. Sidang yang digelar pada pukul 08.00 WIB berakhir.

Perkara kedua, yakni permohonan yang diajukan pasangan calon Nomor Urut 03 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Pendaftaran Nomor 2/PHPU.PRES-XXII/2024 selesai pada pukul 13.00 WIB.

Setiap calon Subuh mendapat kuota 12 kursi dan bila ditemukan calon utama ditambah dua kursi yakni calon presiden dan wakil presiden ditambah.

“Oleh karena itu, 12 orang itu terdiri dari kuasa hukum dan dua orang juru bicara. Begitu pula dengan kuota yang tersedia untuk badan afiliasi sebanyak 12 kursi, ujarnya.

Menurut Fajar, seluruh pihak yang mengikuti sidang besok sudah diundang MK. Namun, masih belum ada kepastian calon presiden dan wakil presiden untuk ikut serta di Mahkamah Konstitusi.

Mahkamah Konstitusi telah menyiapkan aparat keamanan di persidangan dan di sekitar gedung MK.

“Saya kira di situlah isu keamanan gedung MK diangkat. “Titik pengamanan sudah disiapkan, termasuk dalam uji coba,” ujarnya.

Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Kondro Purnomo mengatakan, polisi akan mengerahkan 400 anggotanya untuk berjaga di sekitar gedung MK.

Baca Juga  Jadwal Bola Voli Divisi Utama Livoli 2023 dimulai hari ini, Jumat 1 Desember 2023.

“Total 400 pekerja itu hanya untuk Mahkamah Konstitusi, di gedung dan halaman. Sisanya untuk pengamanan terkait penyampaian keinginan. Tentu saja prajuritnya akan berbeda,” kata Susatyo saat ditemui di Gedung MK.

Polres Jakarta Pusat bersama Polda Metro Jaya memastikan proses pemilu 2024 di KPU, Bawaslu, DKPP, DPR, dan MK berjalan aman.

pertanyaan Anius-Muhaimin

Melalui tim kuasa hukumnya, Anis-Muhaimin mengajukan beberapa pertanyaan terkait kasus di PHPU. Permohonan tersebut terdaftar dengan nomor registrasi 1/PHPU.PRES-XXII/2024 dengan KPU RI sebagai termohon, dilansir dari laman resmi MK di Jakarta, Selasa.

Permintaan pertama adalah meminta pembatalan Keputusan KPU Nomor 360 Tahun 2024 tentang Hasil Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden, Anggota DPR, Dewan Perwakilan Rakyat Negara, dan Hasil Pemilihan DPR Provinsi. dari Perwakilan Rakyat. dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi/Kota pada tingkat nasional.

“Pada pemilihan umum daerah pertama tahun 2024 yang dijadwalkan pada hari Rabu tanggal 20 Maret 2024 pukul 22.19 WIB,” demikian bunyi Petitum.

iklan

Permintaan kedua adalah mendiskualifikasi calon wakil presiden Gibran Rakabuming Rakan untuk maju pada Pilpres 2024 karena tidak memenuhi syarat usia sebagai calon.

Kebutuhan selanjutnya Keputusan Pasangan Calon Pilpres 13 November 2023 dan Keputusan KPU Nomor 1644 Pemberlakuan Keputusan KPU Nomor 1632 tentang Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Presiden pada 14 November 2023.

Sepanjang yang berkaitan dengan calon wakil presiden atas nama Gibran Rakabuming Raka, lanjut petisi tersebut.

Ia pun memerintahkan agar termohon melakukan pemungutan suara ulang pada Pilpres 2024, calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto, menggantikan calon wakil presiden pertama.

Pemohon mengarahkan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk memantau pelaksanaan keputusan tersebut.

Baca Juga  Menurut Anius Baswedan, ketimpangan yang semakin meluas harus diperbaiki.

Ia juga meminta Presiden bertindak independen dan tidak memanipulasi struktur pemerintahan serta menjadikan APBN sebagai alat untuk memihak salah satu pasangan calon agar melakukan pemungutan suara ulang.

Pertanyaan selanjutnya adalah memerintahkan Polri dan jajarannya untuk memilih kembali Presiden dan Wakil Presiden secara independen dan profesional.

Terakhir, dia memerintahkan TNI dan jajarannya membantu Presiden dan Wakil Presiden dalam proses pemungutan suara ulang sesuai amanatnya.

“Jika Mahkamah Konstitusi berbeda pendapat, mohon agar putusannya seadil-adilnya (misalnya aequo et bono)“ucap Petit.

Kepentingan Ganjar-Mahfud

Sementara permohonan Ganjar-Mahfud dibuka dengan Proklamasi KPU Nomor 360 Tahun 2011. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Negara/Kota tingkat nasional pada pemilu tahun 2024 pada tanggal 20 Maret 2024.

“Untuk Presiden dan Wakil Presiden Pemilu 2024,” demikian Petitum.

Tuntutan selanjutnya adalah mendiskualifikasi Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Rakan pada Pilpres 2024 sesuai Keputusan KPU Nomor 1632 Tentang Penetapan Pasangan Calon Pilpres 2024 dan Keputusan KPU Nomor 1644. Di tahun Pada tanggal 14 November 2023 Nomor urut calon Pilpres 2024.

Ia kemudian memerintahkan KPU menggelar pemungutan suara ulang Pilpres 2024 paling lambat 26 Juni 2024.

Terakhir, memerintahkan KPU untuk melaksanakan keputusan tersebut

Pilihan Editor: Kamp Ganjar-Mahfud 15 lagi kontainer barang bukti M.K.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *