Setiap tanggal 1 Februari diperingati sebagai Hari Hijab Sedunia

Bisnis198 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaHari Jilbab Sedunia Dirayakan pada tanggal 1 Februari setiap tahunnya. Dilansir dari National Today, Hari Hijab Sedunia merupakan perayaan muslimah berhijab. Hari peringatan ini juga merupakan kampanye untuk mendorong perempuan dari berbagai lapisan masyarakat untuk mengenakan jilbab dan bagaimana perasaan mereka saat memakainya.

Wanita Muslim melindungi kesopanan mereka dengan mengenakan jilbab. Banyak yang menggunakannya untuk melindungi diri dari pelecehan pria.

Sejarah Hari Hijab Sedunia

Jilbab adalah penutup kepala dan dada yang dikenakan oleh wanita muslim, biasanya di sekitar pria di luar keluarga dekatnya. Kata hijab berarti ‘layar’ atau ‘kerudung’, meskipun terdengar seperti penutup kepala.

Hari Hijab Sedunia sendiri digagas oleh Nazma Khan, seorang muslimah asal Bangladesh yang tinggal di New York, Amerika Serikat. Nazma Khan memulai Hari Hijab Sedunia untuk mempromosikan kebebasan pribadi dalam berekspresi beragama dan kesadaran budaya. Dengan memperbolehkan seluruh wanita untuk mencoba berhijab selama satu hari, hal ini meningkatkan pemahaman dan toleransi beragama.

tersebut Hari Jilbab SeduniaSetelah pindah ke New York dari Bangladesh pada usia 11 tahun, Nazma Khan mengatakan dia menghadapi banyak diskriminasi di sekolah karena jilbabnya.

iklan

“Tumbuh di Bronx, New York City, saya mengalami banyak diskriminasi karena hijab saya. Di sekolah menengah, saya adalah ‘Batman’ atau ‘Ninja.’” Saat saya masuk perguruan tinggi, terjadi 9/11. Sekarang saya dipanggil Osama Bin Laden atau saya disebut teroris. Mengerikan sekali, menurut saya diskriminasi hanya bisa diberantas jika kita sendiri yang meminta saudara perempuan kita untuk berhijab,” ujarnya.

Undang-undang yang disahkan hari ini diharapkan dapat mengakhiri diskriminasi ini. Hari Hijab Sedunia saat ini dirayakan di 190 negara di seluruh dunia. Hari Hijab Sedunia telah diakui oleh selebriti dunia, intelektual, politisi dan selebriti.

Baca Juga  Dinkes DKI: Nyamuk ber-Wolbachia aman bagi manusia.

Sejak dicanangkannya Hari Hijab Sedunia, banyak prestasi yang telah dibukukan. Di tahun Pada tahun 2017, Negara Bagian New York mendeklarasikan Hari Jilbab Sedunia dan mantan Perdana Menteri Inggris Theresa May menghadiri sebuah acara untuk memperingati peristiwa tersebut di House of Commons. Pada tahun 2021, Dewan Perwakilan Rakyat Filipina telah menetapkan tanggal 1 Februari sebagai Hari Jilbab Nasional untuk mendorong pemahaman dan penerimaan yang lebih baik terhadap tradisi Islam.

Pilihan Editor: Hari Hijab Sedunia: Berikut 10 item hijab yang perlu Anda ketahui.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *