Setelah genosida di Gaza, Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengusulkan resolusi menentang embargo senjata Israel.

Bisnis6 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Dewan Hak Asasi Manusia PBB (Dewan Hak Asasi Manusia PBB) Jumat, 5 April 2024 akan membahas rancangan resolusi tersebut Larangan senjata ke Israel. Dewan mengatakan mereka menyebut adanya “risiko genosida yang wajar di Gaza”.

Jika rancangan resolusi tersebut disetujui, ini akan menjadi pertama kalinya badan hak asasi manusia PBB mengambil sikap menentang serangan brutal Israel di Gaza.

Artikel tersebut mengutuk “penggunaan alat peledak oleh Israel di Jalur Gaza yang padat penduduknya” dan menyerukan Israel untuk “memenuhi tanggung jawab hukumnya untuk mencegah genosida”.

Teks tersebut diserahkan oleh Pakistan, 55 dari 56 negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) PBB – kecuali Albania.

Rancangan resolusi tersebut disponsori bersama oleh Bolivia, Kuba dan Misi Palestina di Jenewa.

Jumat adalah hari terakhir rapat dewan saat ini.

Draf setebal delapan halaman itu menyerukan Israel untuk mengakhiri pendudukannya di wilayah Palestina dan segera mencabut “blokade ilegal” di Jalur Gaza dan segala bentuk “hukuman kolektif”.

Resolusi tersebut menyerukan negara-negara untuk berhenti menjual atau mengirim senjata, amunisi dan peralatan militer lainnya ke Israel, dengan alasan “risiko genosida yang wajar di Gaza.”

Rancangan tersebut “mengecam meluasnya penggunaan alat peledak oleh Israel di wilayah berpenduduk Gaza” dan menyatakan keprihatinan tentang dampak alat peledak terhadap rumah sakit, sekolah, air, listrik dan tempat penampungan di Gaza.

Pernyataan itu juga “mengecam penggunaan kelaparan warga sipil sebagai taktik perang.”

iklan

Rancangan resolusi tersebut juga menyerukan gencatan senjata segera di Gaza dan “mengecam tindakan pembersihan etnis Israel” dan mendesak semua negara untuk mencegah perpindahan paksa warga Palestina dari Jalur Gaza.

Ada 47 negara yang tergabung dalam Dewan Hak Asasi Manusia – 18 di antaranya telah mengajukan rancangan resolusi.

Baca Juga  Credit Rating Jepang Kembali Pertahankan Peringkat Utang Indonesia di BBB+, Respons Gubernur BI?

Diperlukan mayoritas 24 suara, namun keputusan dapat diambil dengan abstain.

Israel menuduh Dewan Hak Asasi Manusia bersikap bias dalam hal ini.

Perang paling berdarah di Gaza, yang dipicu oleh serangan Hamas pada 7 Oktober, telah menyebabkan hampir 1.160 orang tewas di Israel, sebagian besar dari mereka adalah warga sipil, menurut angka resmi Israel.

Kampanye pembalasan Israel telah menewaskan sedikitnya 32.916 orang, menurut Kementerian Kesehatan di Gaza.

Pilihan Editor: Parlemen Eropa menolak rencana embargo senjata terhadap Israel

Al Arab



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *