Sejarah Kota Simahi, Saat ini sudah 48 tahun menjadi kota administratif.

Bisnis190 Dilihat

TEMPO.CO, Jakartakota Simahi Merupakan sebuah kota di provinsi Jawa Barat. Simahi awalnya merupakan bagian dari negara bagian Bandung. Pada tanggal 29 Januari 1976, Simahi ditetapkan sebagai kota administratif berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 29 Tahun 1975.

Berdasarkan laman resmi Pemkot Simahi, pasca keputusan tersebut, Simahi menjadi kota administratif pertama di Jawa Barat. Setelah itu, pada tanggal 21 Juni 2001, status Simahi ditingkatkan menjadi kota otonom berdasarkan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2001. Total ada tiga kecamatan di Simahi yang terbagi lagi menjadi 15 kecamatan.

Sejarah kota Simahi

Dalam bahasa Sudan, nama Simahi berasal dari kata. cai mahi Artinya “air yang cukup”. Simahi mempunyai pos penjagaan di Lapangan Simahi yang sekarang pada tahun 1811, tempat Jenderal Hermann Willem Daindels membangun jalan Air-Panarukan. Pada tahun 1874-1893 dilakukan pembangunan jalur kereta api Bandung-Sianjur serta pembangunan stasiun Simahi. Kemudian pada tahun 1886 dibangun pusat pendidikan militer dan fasilitasnya seperti Rumah Sakit Dustira dan Penjara Militer.

Setelah selesainya jalur Bandung-Sianjur, pada tahun 1900 dibangun jalur kereta api lain yaitu dari Batavia-Bandung melewati Simahi. Dengan adanya pembukaan ini, pasukan Belanda bisa bergerak lebih cepat.

Di tahun Pada tahun 1935, Simahi ditetapkan sebagai kecamatan berdasarkan aneksasi Stad tahun 1935. Kemudian pada tahun 1962 terbentuk Simahi Kawedana yang meliputi Kecamatan Simahi, Padalarang, Batujajar dan Sipatat.

iklan

Simahi yang berasal dari status kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bandung berdasarkan Undang-Undang Republik Indonesia Tahun 1974 Nomor 5 tentang Otonomi Negara dan Daerah serta Peraturan Pemerintah Nomor 29 sesuai dengan pertumbuhan dan perkembangannya. Di tahun Dengan berdirinya kota administratif pada tahun 1975, Simahi dapat menaikkan status kecamatan menjadi kota administratif di Provinsi Bandung.

Baca Juga  Israel mewaspadai Hamas yang melarikan diri dan memasukkan tahanan ke dalam terowongan.

Kemudian pada tahun tersebut Pada tahun 2001, dalam Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2001 tentang Pembentukan Kota Simahi, status Simahi menjadi kota mandiri. Yurisdiksi kota Simahi sebagai daerah otonom mencakup seluruh kewenangan pemerintahan, termasuk kewenangan wajib, seperti pekerjaan umum, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan, transportasi, perindustrian dan perdagangan, penanaman modal, lingkungan hidup, pertahanan, koperasi dan tenaga kerja.

Sesuai dengan UU Nomor 1 Tahun 2003, kecuali politik luar negeri, pertahanan dan keamanan, peradilan, mata uang fisik, agama dan bidang kekuasaan lainnya. kota Simahi Sebagai daerah otonom.

JDIH KOTA CIMAHI
Pilihan Editor: Ratusan peserta Ramaikan Event Budaya dan Festival Rakyat Kota Cimahi



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *