Saran dokter untuk menghindari kolesterol tinggi saat liburan

Bisnis190 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Memilih pola makan yang sehat dengan menghindari makanan kaya lemak, kolesterol, makanan olahan, tinggi garam dan gula sangat penting untuk menghindari kelainan kolesterol. Hari libur Natal dan Tahun Baru. Yaitu Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah – Puri Indah, Wirawan Hambali.

“Meningkatkan aktivitas fisik membantu mencegah dan mengendalikan kelainan kolesterol. Penting untuk menghindari alkohol dan berhenti merokok,” ujarnya.

Kolesterol Ini adalah lemak yang bersirkulasi di dalam tubuh. Lemak kolesterol dalam darah diserap oleh protein. Kombinasi keduanya disebut lipoprotein. Dalam jumlah sedang, zat ini sebenarnya dibutuhkan tubuh untuk membantu membangun sel-sel baru, vitamin D, banyak hormon, dan mensintesis lemak.

Selain itu, senyawa ini penting untuk proses pencernaan tubuh, produksi hormon, dan produksi vitamin D.

Kolesterol dikatakan mengalami gangguan jika nilainya di luar rentang nilai normal. Salah satu kriteria diagnosis kelainan kolesterol adalah nilai kolesterol total lebih dari 200 mg/dL yang tergolong tinggi. Selain itu, kolesterol LDL di atas 100 mg/dL dan trigliserida di atas 150 mg/dL (perkiraan tinggi) dan kolesterol HDL di bawah 40 mg/dL pada pria dan 50 mg/dL pada wanita dianggap rendah.

Menurut Wirawan, langkahnya Kolesterol Tinggi Biasanya tidak menimbulkan gejala apa pun. Pada kebanyakan kasus, gejala hanya muncul ketika kondisi ini mengarah pada pembentukan plak di arteri.

“Plak ini mempersempit arteri dan hanya sedikit darah yang bisa melewatinya,” ujarnya.

Selain itu, pembentukan plak mengubah lapisan pembuluh darah. Ketika endapan terbentuk di dinding arteri, aliran darah ke jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya berkurang. Menurutnya, kolesterol tinggi meningkatkan risiko penyempitan pembuluh darah atau aterosklerosis, pembekuan darah di bagian tubuh tertentu, stroke, dan serangan jantung. Berbicara tentang faktor risiko kondisi ini, pola makan yang tidak sehat seringkali dianggap sebagai penyebab utama tingginya kadar kolesterol.

Baca Juga  Penerbangan dibatalkan setelah Alaska Airlines jatuh, calon pengantin hampir membatalkan pernikahan.

iklan

“Menyambut perayaan akhir tahun, ada baiknya kita waspada dalam memilih jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Waspadai makanan tinggi lemak dan gula karena dapat meningkatkan kadar kolesterol,” jelas Weerawan. .

Hindari faktor risiko lainnya
Selain pola makan yang tidak sehat, masih banyak faktor risiko lain yang meningkatkan risiko gangguan kolesterol, antara lain kurang berolahraga, riwayat gangguan kolesterol dalam keluarga, usia, dan kebiasaan merokok yang menurunkan kadar HDL dan meningkatkan risiko penyakit jantung. Penyakit.

Selain memilih pola makan yang sehat, berolahraga, dan menghindari rokok sebagai upaya mencegah kelainan kolesterol, Wirawan menyarankan jika Anda memiliki kadar kolesterol tinggi, jangan ragu untuk memeriksakan diri dan berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam. Kemudian, jika perubahan gaya hidup tidak cukup efektif, dokter mungkin akan meresepkan obat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol.

Penting untuk diingat bahwa obat jenis statin dapat mempengaruhi kehamilan. Penggunaan obat statin pada wanita usia subur, mengenai kemungkinan manfaat dan risikonya, dapat dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter spesialis penyakit dalam, jelasnya.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, kolesterol tinggi adalah penyebab utama kematian di dunia, yang menyebabkan peningkatan risiko penyakit jantung dan stroke. Menurut data survei kesehatan dasar Kementerian Kesehatan Indonesia tahun 2018, 21,2 persen penduduk Indonesia yang berusia di atas 15 tahun menderita kelainan kolesterol, dengan kadar kolesterol total 200-239 mg/dL dan 7,6 persen memiliki kolesterol di atas 240. mg/dL.

Hal ini menunjukkan bahwa banyak masyarakat di Indonesia yang berisiko terkena penyakit jantung dan stroke akibat gangguan kolesterol.

Pilihan Editor: Tanda-tanda awal terlalu banyak makan gorengan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *