Rafi Ahmed mundur dari proyek Gunungkidul Beach Club, koalisi berharap investor lain membatalkan proyek tersebut.

Bisnis59 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Gunungkidul menyambut baik pernyataan anti kohesi tersebut Rafi Ahmad Mengenai rencana keluar dari proyek pembangunan ResorVilla dan Beach Club di Gunungkidul, Yogyakarta.

Kelompok ini terdiri dari berbagai organisasi. Walhi Yogyakarta, Pemuda Komunitas Melawan Gunungkidul, Climate Rangers Joja, LBH Yogyakarta, WeSpeakUp.org dan 350.org. Ia juga mengimbau investor lain segera membatalkan rencana pembangunan resort dan beach club di kawasan lanskap karst Gunungkidul dan Gunung Sew.

Wakil Direktur WALHI Yogyakarta Dimas R. Perdana, meski Rafi Ahmed menyatakan akan keluar dari proyek tersebut, namun bukan berarti proyek tersebut berhenti. Kamis, 13 Juni 2024 “Kami berharap Rafi bisa menggunakan pengaruhnya untuk meyakinkan investor lain agar membatalkan proyek yang berpotensi merusak lingkungan ini,” ujarnya.

Keinginan tersebut disampaikan Selasa 11 Juni 2024 lalu hingga pernyataan Rafi.Dengan ini saya mengumumkan bahwa saya menarik partisipasi saya dalam proyek ini.Ucap Rafi dalam postingan di Instagram saat itu.

Selain itu, Koalisi Melawan Gunungkidul meminta komitmen Bupati Gunungkidul untuk tidak mengeluarkan izin pembangunan di kawasan lindung nasional dan meningkatkan transparansi pengelolaan izin di kawasan tersebut. Kerusakan lingkungan diketahui berdampak signifikan terhadap kapasitas air dan daya dukung penduduk rawan kekeringan.

Rencana pembangunan resor bernama “Bekizart” dipublikasikan Rafi Ahmed di Instagram pada 16 Desember 2023. Penolakan rencana pembangunan resor ini ramai diperbincangkan setelah petisi bertajuk “Tolak Pembangunan” diajukan di laman change.org. Rafi Ahmed Resort di Gunungkidul!” Sejak dirilis pada 21 Maret 2024, petisi ini telah didukung lebih dari 62.000 orang.

iklan

Investigasi pertama WALHI Yogyakarta menemukan dugaan pelanggaran Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Yogyakarta yang dilakukan pengembang. Berdasarkan kajian pola ruang dan struktur ruang, Bekizart merupakan kawasan pertanian, bukan pariwisata.

Baca Juga  Profil Shiloh, putri Angelina Jolie dan Brad Pitt: Dia tertarik pada produksi film dan menari.

Menurut kajian, rencana pembangunan resor tersebut sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 17 Tahun 2012 tentang KBAK merupakan kawasan lindung nasional sehingga pemanfaatannya tidak boleh berpotensi membahayakan lingkungan.

Langt Gemintang, peneliti Climate Rangers Jogja, mengatakan pembangunan proyek tersebut tidak hanya memperburuk masalah kekeringan di Gunungkidul, tapi juga berpotensi merusak perbukitan karst. “Yang diinginkan warga Gunungkidul bukanlah resort atau beach club, melainkan air bersih yang mengalir ke rumah warga,” ujarnya.

Ia mengatakan, diterimanya secara luas proyek Gunungkidul Resort and Beach Club oleh netizen menunjukkan bahwa kekuatan kolektif dan kolaborasi komunitas dapat membawa perbedaan besar dalam perjuangan keadilan iklim.

Pilihan Editor: Sri Mulyani permudah impor jenazah dan organ dengan aturan baru



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *