Putin akan mengunjungi negara NATO ini untuk pertama kalinya sejak keputusan ICC.

Bisnis203 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Presiden Rusia Vladimir masukkan Dia mengunjungi saya Turki Negara anggota NATO. Pertemuan tersebut digelar pada 12 Februari untuk bertemu dengan Presiden Turki Tayyip Erdogan.

Pertemuan tersebut akan menjadi perjalanan pertama pemimpin Rusia ke sekutu NATO tersebut sejak Moskow menginvasi Ukraina pada Februari 2022. Kemampuan Putin untuk bepergian ke luar negeri telah dibatasi sejak Maret tahun lalu setelah Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) mengeluarkan surat perintah ekstradisi. Anak-anak Ukraina ke Rusia, yang merupakan kejahatan perang.

Rusia membantah tuduhan tersebut dan menyebut tindakan tersebut tercela. Namun, karena Rusia bukan anggota ICC, tidak mudah untuk melaksanakan keputusan ICC.

Turki bukan pihak dalam Konvensi ICC Roma, sehingga Putin bisa pergi ke Turki tanpa takut akan surat perintah penangkapan.

Turki, yang berbagi perbatasan maritim dengan Ukraina dan Rusia di Laut Hitam, berupaya menjaga hubungan baik dengan kedua negara setelah pendudukan total oleh Moskow. Turki memberikan dukungan militer kepada Kiev dan dukungan teritorialnya, namun juga menentang sanksi terhadap Rusia.

iklan

Ankara telah berusaha membujuk Rusia untuk kembali ke Inisiatif Biji-bijian Laut Hitam, yang ditengahi oleh PBB dan Turki, untuk memberikan perlindungan terhadap ekspor dari pelabuhan Ukraina. Moskow menarik diri dari inisiatif tersebut pada Juli lalu, setahun setelah penerapannya.

Erdogan mengatakan opsi di luar kesepakatan tidak membawa solusi jangka panjang. Kiev mengatakan perundingan sedang dilakukan untuk memperbarui perjanjian tersebut, namun Moskow mengatakan pihaknya tidak tertarik untuk memulai kembali perjanjian tersebut.

Reuters

Pilihan Editor: PBB: Pembunuhan pasien rumah sakit yang dilakukan Israel melanggar hukum internasional



Quoted From Many Source

Baca Juga  Untuk pengembangan kendaraan listrik, BMW dan Mercy menjalin kerja sama di China

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *