Puncak arus mudik diperkirakan pasca libur Idul Fitri, sebagian besar ke Jawa Tengah.

Bisnis77 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Perhubungan Budi Kariya Sumadi mengatakan puncak arus mudik akan terjadi pada hari kedua Idul Fitri atau 8 April 2024 saat dimulainya cuti bersama. Ia menyatakan, pergerakan masyarakat yang dilaksanakan pada hari kedua Idul Fitri berpotensi menjangkau 26,6 juta orang.

Sedangkan perkiraan puncak kepulangan pada H+3 yakni 14 April 2024 dengan kapasitas penduduk 41 juta jiwa.

Hasil perhitungan tersebut diperoleh dari survei yang dilakukan oleh Badan Kebijakan Transportasi Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik, Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta para ahli dan akademisi yang bergerak di bidang transportasi. Budi mengatakan, saat lebaran, pergerakan masyarakat tersebar dari banyak daerah.

Berdasarkan hasil survei, titik keberangkatan pemudik terbanyak adalah Jawa Timur sebesar 16,2 persen atau 31,3 juta orang. Disusul Jakarta, Bogor, Depok, Tanggerang, dan Bekasi sebesar 14,7 persen atau 28,43 juta orang, serta Jawa Tengah 13,5 persen atau 26,11 juta orang.

Sementara itu, hasil survei menunjukkan Jawa Tengah menjadi tujuan mudik Lebaran 2024 terbanyak, yaitu sebesar 31,8 persen atau 61,6 juta orang. Tahun ini, daerah yang banyak menjadi tujuan mudik lebaran adalah Jawa Timur sebanyak 37,6 juta jiwa dan Jawa Barat sebanyak 32,1 juta jiwa.

Hasil survei pun menyimpulkan pilihan transportasi mudik Lebaran 2024. KA Budi menjadi moda transportasi terpopuler untuk mudik dengan persentase 20,3 persen atau 39,32 juta pengguna.

iklan

Lalu ada bus sebanyak 37,51 juta orang, mobil pribadi sebanyak 35,42 juta orang, dan sepeda motor sebanyak 31,12 juta pengguna. Menurut dia, keinginan memilih angkutan umum untuk Mudik Lebaran dipengaruhi banyak faktor.

Tidak adanya Covid-19, kondisi perekonomian rumah tangga, libur kolektif, libur sekolah, peningkatan kualitas dan kuantitas infrastruktur transportasi serta kondisi cuaca, ujarnya.

Baca Juga  Bagaimana menjaga kualitas hubungan Anda dengan pasangan pasca kelahiran anak pertama

Secara nasional, aktivitas masyarakat pada lebaran tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun lalu, kata Budi. Ia mengatakan, 71,7 persen penduduk Indonesia atau 193,6 juta jiwa bisa dijangkau oleh gerakan masyarakat nasional.

Pilihan Editor: Asosiasi Serat dan Benang Filamen mendukung liberalisasi impor MEG, mendukung industri dalam negeri



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *