Prabowo Sebut Pimpinan BUMN Nyaman dan Desak Eric Tohir?

Bisnis1076 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaCalon presiden nomor dua, Prabu Subianto, kritik terhadap rendahnya kinerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan kesederhanaan pengelolaan BUMN. Hal itu diungkapkan Prabowo saat menghadiri acara tersebutDiskusi bersama calon presiden Kamar Dagang” di Jakarta pada Jumat 12 Januari 2024. Apakah komentar tersebut menyindir Menteri BUMN? Eric Tohir?

Pernyataan Kelompok Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka ini tak menyesatkan Menteri BUMN Eric Tohir. “Saya kira ini bukan menghina Menteri BUMN, tapi untuk memberikan insentif kepada direksi BUMN agar lebih kompetitif ke depan.” waktu Sabtu, 13 Januari 2024.

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak proyek pembangunan yang diberikan atau dilaksanakan oleh BUMN. Proyek-proyek tersebut berkisar dari infrastruktur hingga transportasi.

“Kemarin dalam perbincangan Kadin, teman-teman Kadin mengeluh ‘kita tidak dapat apa-apa, BUMN dapat’,” kata Eddy.

Padahal, BUMN bertujuan untuk berjalan. Kewajiban pelayanan publik (PSO) alias Kewajiban Pelayanan Publik. Ia meragukan banyaknya proyek yang diberikan kepada BUMN akan membuat BUMN tidak berdaya saing dibandingkan swasta.

Dan ini yang dikatakan Pak Prabowo, ketika membangun rumah sakit tersebut, tidak bersaing dalam harga dan waktu pembangunan (BUMN), dan akhirnya diberikan kepada swasta, kata Wapres. Komisi VII DPR RI.

Hal senada juga diungkapkan Erwin Akasam, Wakil Ketua TKN Prabowo-Gibran lainnya. Menurutnya, pernyataan Prabowo merupakan koreksi terhadap manajemen BUMN.

“(Dari apa yang saya dapat dari pernyataan Pak Prabowo, efisiensi di BUMN harus dilakukan, KPIIndikator kinerja utama“(Indikator kinerja utama) harusnya ada direksi, kesepakatan BUMN lebih mahal dibandingkan swasta,” kata Erwin kepada Tempo, melalui pesan singkat, Sabtu.

Diberitakan sebelumnya, Prabowo Subianto menjawab soal pemerataan kesempatan bagi BUMN dan swasta. Prabowo mengatakan BUMN dan swasta harus sama-sama efisien, transparan, dan kompetitif.

Baca Juga  Ibu Negara AS Jill Biden Memperkenalkan Pink Blackpink di Pekan Pemimpin Ekonomi Asia Pasifik

iklan

Prabowo yang saat ini menjabat Menteri Pertahanan misalnya membangun kampus dan rumah sakit. Alhasil, pihak pertama yang diundang untuk membangun proyek tersebut adalah perusahaan pelat merah.

Namun perusahaan milik negara yang tidak disebutkan namanya itu menawarkan anggaran yang lebih tinggi. Sementara pihak swasta menawarkan harga yang lebih murah. Sektor swasta menawarkan waktu pemrosesan yang lebih cepat.

“Kadang BUMN, maaf, kadang pimpinan BUMN bisa bersenang-senang, mungkin karena dukungan yang dia berikan di sana, mungkin karena dia sponsor. Kita sudah lama di Indonesia kan? Saya’ Saya ngomong jadi saya lho,” kata Prabowo pada Jumat, 12 Januari 2024. Ia berbicara saat wawancara calon presiden dengan Kadin di Jakarta.

Dia memberikan proyek tersebut kepada perusahaan swasta dalam berbagai masalah. Proyek ini selesai. “Bisa dipastikan sebentar lagi pelantikannya oleh Presiden Jokowi,” kata Prabowo.

Menurut dia, BUMN perlu bekerja dengan baik. Jika direksi BUMN tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya jangan diganti begitu saja.

Namun bisa juga diusut oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atau Kejaksaan. “Oke, ayo bersaing, kompetisinya bagus. Kompetisi, efisiensi, transparansi kualitas, tolong,” kata Prabowo Subianto.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan calon presiden pada Pilpres 2024: Anies Basedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Periodenya berlangsung dari 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, dengan pemungutan suara dijadwalkan pada 14 Februari 2024.

Pilihan Editor: Setelah mendapat 11 poin dari Anius, Prabowo bertanya kepada pengusaha tersebut: Berapa nilai saya?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *