Perencana keuangan ini membagikan 5 tips mengatur keuangan Anda: Gunakan konsep SMART

Bisnis185 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Terdapat manajemen perencana keuangan bersertifikat Gembong Suwito Keuangan Ini sangat penting. Tidak jarang orang menghadapi tantangan besar saat mengelola uangnya agar tetap aman.

“Banyak tantangan besar dalam mengelola keuangan, yang paling umum adalah pembelanjaan yang boros dan pembelian impulsif,” kata Gembong dalam workshop yang diselenggarakan BCA Digital di Blue, The City Tower, Jakarta, Selasa, 17 Oktober 2023.

Permasalahan kedua yang menjadi tantangan terbesar adalah kurangnya pemahaman mengenai penggunaan anggaran dan cara pengendalian keuangan. Kemudian masyarakat sering menganggap investasi adalah jalan pintas untuk menjadi kaya. Fenomena ini pernah kita alami, khususnya pada generasi Covid 2020, kata Gembong.

Lalu, kata Gembong, adalah generasi milenial Generasi sandwich Dan Anda tidak memilikinya Tujuan keuangan Hal ini juga menjadi tantangan tersendiri. “Selain itu, masyarakat seringkali tidak memiliki kendali atas uangnya, dan ini merupakan risiko yang sangat tinggi,” katanya.

Menurut survei terbuka yang dilakukan oleh Blue BCA Pada Agustus 2021 Digital, 61 persen responden mengaku familiar dengan topik pengelolaan keuangan. Namun, mereka belum bisa menjelaskan atau mempraktikkan pengelolaan keuangan yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Selain itu, survei yang sama menemukan bahwa 34 persen responden merasa bingung bagaimana mengelola keuangannya.

Lalu bagaimana cara mengatur keuangan yang benar? “Pertama dengan menetapkan tujuan keuangan kita. untuk apa Karena tujuan finansial inilah yang akan menjadi motivasi utama kita dalam mengelola keuangan, kata Gembong.

Untuk menetapkan tujuan keuangan tersebut, Gembong sebagai perencana keuangan menyarankan untuk menggunakan prinsip SMART Financial Goals, yaitu (S)spesifik, (M)dapat diukur, (A)dapat dicapai, (R)elevant, dan (T)terikat waktu.

1. Yakin

Dalam konsep ini, setiap individu harus memiliki keunikan dalam menetapkan tujuan keuangan. “Karena jika tidak cukup mendefinisikannya, Anda tidak akan cukup fokus dalam mencapai tujuan finansial Anda,” kata Gembong. Misalnya Anda ingin membeli rumah dengan luas tanah 200m2 di Jakarta dalam 5 tahun ke depan atau ingin berlibur ke Bali dengan budget Rp 5 juta.

Baca Juga  Napoli beralih ke mantan pelatih PSG Christophe Gaultier saat Rudy Garcia berada di bawah tekanan

2. Terukur

Memastikan upaya mencapai tujuan keuangan dapat diukur dengan menentukan jumlah uang dan waktu yang diperlukan untuk mencapai tujuan keuangan tersebut. Misalnya menanyakan berapa jumlah uang yang dibutuhkan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengumpulkannya.

iklan

3. Dapat dicapai

Uraikan tujuan keuangan menjadi rencana kerja atau rencana tindakan. Rencana tindakan ini mencakup langkah-langkah yang realistis dan terjangkau untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

4. Terkait

Pastikan tujuan keuangan Anda relevan untuk masa depan. Beberapa pertanyaan yang mungkin Anda tanyakan pada diri sendiri adalah, seberapa penting tujuan finansial bagi hidup Anda? Apakah ada pilihan lain? Seberapa skeptis Anda dalam mencapai tujuan keuangan Anda?

5. Dibatasi oleh waktu

Tetapkan tujuan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan keuangan ini. Jangka pendek, menengah atau panjang? Berapa lama tujuan keuangan jangka pendek bisa bertahan? Apakah 1 sampai 3 tahun? Bagaimana dengan jangka panjang? Apakah 5 sampai 10 tahun?

Dalam kesempatan yang sama, Duardi Prihandico, Head of Marketing Communications BCA Digital, mengatakan mengelola keuangan merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki setiap orang. “Mari kita mulai dengan mengambil langkah pertama untuk mencapai tujuan finansial kita Tujuan keuanganDuardi menunjukkan keberanian untuk memulai dari hal kecil.

Sehubungan dengan hal tersebut, blu by BCA Digital telah mengembangkan fitur bluSaving. Menurut situs resmi Blu, bluSaving merupakan rekening tabungan yang dapat diberi nama sesuai dengan item yang diminati. Dengan 20 jenis tabungan yang berbeda, nasabah dapat menabung sekaligus mengelola rekening keuangannya sehingga pengeluaran menjadi lebih hemat dan teratur.

Pilihan Editor: BCA membuka program magang pengabdian masyarakat bagi lulusan SMA, SMK dan D3.

Baca Juga  ProLiga 2024: Jakarta Popsivo Polwan Brung berupaya mengakhiri upaya hat-trick untuk mengalahkan BJB Tandamata



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *