Peralihan di Bangang Besar, suhu siang hari 30-33 derajat Celcius.

Bisnis249 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Kawasan Bandung Raya sedang dalam masa transisi atau Transisi Mulai dari musim kemarau hingga musim hujan. Kondisi ini ditandai dengan berkembangnya awan rendah yang berkembang menjadi awan variabel signifikan.

Oleh karena itu, terdapat potensi hujan ringan hingga lebat dalam skala lokal dan kilat dalam jangka waktu pendek, kata Teguh Rahayu, Kepala Stasiun Geofisika BMKG Bandung, Senin, 30 Oktober 2023.

Berdasarkan wilayah Bandung Raya, antara lain Kota dan Kabupaten Bandung, Kota Simahi, dan Kabupaten Bandung Barat, terdapat beberapa pengaruh lingkungan yang mendukung potensi tumbuhnya awan.

Penyebabnya adalah suhu permukaan laut di sekitar perairan Indonesia yang relatif hangat. Dampaknya, akan meningkatkan potensi pasokan uap air untuk wilayah Indonesia, termasuk Jawa Barat bagian utara dan selatan.

Kelembapan wilayah Jabar 40-95 persen dan kondisi atmosfer skala lokal kategori tidak stabil sedang hingga kuat di wilayah Jabar termasuk Bandung Raya.

Selain didominasi angin timur, angin barat juga mulai aktif memasuki wilayah Bandung Raya. Analisis suhu maksimum di Bandung antara pukul 12.00 hingga 15.00 adalah antara 30 -33 derajat Celcius, katanya.

iklan

Paparan sinar matahari dinilai optimal karena posisi matahari berada di selatan garis khatulistiwa. BMKG memperkirakan wilayah Bandung Raya akan memasuki musim hujan pada sepuluh hari kedua hingga ketiga bulan November 2023.

BMKG mengimbau masyarakat terus melakukan penghematan penggunaan air bersih di masa transisi ini. Waspadai juga dampak cuaca ekstrem yang terjadi di sebagian besar musim. Misalnya, hujan ringan hingga lebat yang berlangsung dalam waktu singkat di suatu wilayah, angin kencang, badai, dan hujan es dapat menyebabkan banjir, tanah longsor, pohon tumbang, dan dampak merugikan lainnya.

Baca Juga  Tips menghindari penipuan saat bepergian sendirian

Rabu, 1 November 2023 Prakiraan cuaca di Bandung Raya pagi hingga sore hari, umumnya cerah berawan. Siang hingga malam hari umumnya berawan dengan kemungkinan hujan ringan hingga sedang. Sedangkan prakiraan sore dan pagi hari umumnya berawan disertai hujan ringan.

Suhu di Greater Banging konon berkisar antara 21,4 – 31,6 derajat Celcius. Kelembapan berkisar antara 40-92 persen. Angin umumnya bertiup dari barat laut hingga tenggara dengan hembusan maksimum diperkirakan 5 hingga 18 km/jam.

Pilihan Editor: Elon Musk Tak Bisa Hadirkan Internet ke Gaza Lewat Starlink, Kenapa?



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *