Pengadilan Thailand mendakwa Pita Limjaroenrat karena melanggar undang-undang pemilu

Bisnis269 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pengadilan Thailand memutuskan pada Rabu, 24 Januari 2024, bahwa mantan calon perdana menteri Pita Limjaroenrat Mereka yang melanggar undang-undang pemilu dan dapat tetap menjadi anggota parlemen selamat dari kasus pertama dari dua kasus yang menargetkan partai oposisi anti kemapanan; Maju ke pesta.

Pitta, 43 tahun, lulusan Harvard, yang tawarannya untuk menjadi perdana menteri ditolak oleh anggota parlemen yang bekerja sama dengan tentara kerajaan, dibebaskan oleh pengadilan setelah memutuskan bahwa perusahaan tempat dia memiliki saham tidak memiliki kesepakatan penyiaran dan tidak boleh dianggap sebagai media. toko. Organisasi.

Keputusan tersebut akan menguntungkan kelompok progresif yang menang secara mengejutkan pemilu Thailand Tahun lalu, ia meminta pemilih muda di perkotaan untuk mengakhiri monopoli bisnis dan mereformasi undang-undang yang menghukum penghinaan terhadap monarki dengan hukuman penjara yang lama.

Sebagai partai terbesar di parlemen, partai ini tetap menjadi ancaman jangka panjang bagi masa depan Thailand, karena pemilih liberal dan muda didorong oleh politisi karismatik dan penggunaan media sosial yang inovatif.

Pengadilan yang sama akan memutuskan minggu depan bahwa tindakan tersebut tidak konstitusional dan merupakan upaya untuk “menggulingkan pemerintahan demokratis dengan raja sebagai kepala negara.”

iklan

Dua kasus yang diajukan oleh politisi konservatif ini merupakan bagian dari perebutan kekuasaan selama dua dekade. Thailand Umumnya keluarga kerajaan, militer, dan keluarga kaya berselisih dengan partai-partai yang dipilih berdasarkan platform populis atau progresif.

Dalam dua putusan Mahkamah Konstitusi dari tahun 2019 hingga 2020, pendahulu Move Forward dan calon perdana menteri Thanathorn Juangroongruangkit juga didiskualifikasi karena melanggar kepemilikan saham dan partai tersebut dibubarkan karena melanggar undang-undang keuangan kampanye.

Baca Juga  Kebakaran rumah di Pondok Bambu menghanguskan satu korban

Reuters

Pilihan Editor: Pesawat yang membawa pekerja Rio Tinto jatuh di Kanada, banyak yang tewas



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *