Pelajari 4 tanda rem mobil Anda bermasalah dan kapan harus menggantinya

Bisnis42 Dilihat

GOOTO.COM, Jakarta – Keselamatan berkendara merupakan prioritas yang tidak dapat diabaikan oleh setiap pemilik kendaraan. Salah satu komponen penting yang sering diabaikan adalah sistem pengereman.

iklan

“Rem mobil yang berfungsi dengan baik tidak hanya menjamin keselamatan pengemudi dan penumpang, tetapi juga seluruh pengguna jalan. Oleh karena itu, penting bagi pelanggan untuk tidak mengabaikan pemeriksaan dan perawatan rem mobil secara berkala demi keselamatan dan kenyamanan,” kata Pheri , Chief Operating Officer, Hyundai Goa, dalam keterangan resmi.

Perlu diketahui bahwa rem mobil mempunyai peranan penting dalam menjaga keselamatan berkendara. Sistem pengereman yang efektif adalah kunci untuk mengendalikan dan menghentikan kendaraan dengan aman.

Fungsi rem tidak hanya sebatas memperlambat atau menghentikan, namun juga menciptakan rasa aman dan percaya diri bagi pengemudi.

Dalam situasi darurat, kemampuan pengereman yang baik dapat menjadi pembeda antara menghindari kecelakaan dan terlibat dalam insiden serius. Selain itu, rem yang berfungsi dengan baik membantu mencegah keausan berlebihan pada bagian lain seperti cakram dan kampas rem.

Dengan melakukan perawatan rutin, pemilik kendaraan tidak hanya menjamin keselamatan berkendara, tetapi juga memperpanjang umur suku cadang kendaraan, meningkatkan kenyamanan dan mengurangi stres dalam perjalanan.

Oleh karena itu, pemilik kendaraan sebaiknya mewaspadai tanda-tanda rem mobil bermasalah berikut ini.

1. Suara menjerit

Jika Anda mendengar bunyi berdecit saat mengerem, kemungkinan besar kampas rem sudah aus. Suara bising ini biasanya disebabkan oleh gesekan antara bantalan rem dan cakram. Mengabaikan tanda ini dapat menyebabkan kerusakan lebih lanjut pada sistem pengereman.

2. Minyak rem berkurang

Penurunan level minyak rem mungkin mengindikasikan adanya kebocoran pada sistem. Minyak rem yang rendah mengurangi efektivitas rem dan meningkatkan risiko kecelakaan.

Baca Juga  Dokumenter Raisa Ungkap Harta Karun Raisa untuk Penggemar

3. Lampu indikator rem menyala

Lampu indikator rem yang menyala di dashboard pertanda ada masalah. Segera periksa dan tangani untuk menghindari kerusakan lebih lanjut.

4. Pedal rem keras

Jika pedal rem terasa berat saat ditekan, kemungkinan ada masalah pada sistem hidrolik atau master silinder rem. Pedal rem yang keras membuat pengemudi kesulitan mengendalikan kecepatan kendaraan, terutama dalam situasi darurat.

Jadi kapan saatnya mengganti kampas rem Anda?

Sangat penting untuk mengganti kampas rem secara berkala untuk menghindari keausan yang berlebihan. Gejala seperti bunyi berdecit, pedal rem keras, atau lapisan rem tipis menandakan kampas rem perlu diganti.

Kampas rem sebaiknya diganti setiap 40.000 hingga 80.000 kilometer atau sesuai pemakaian.

Pilihan Editor: BAIC berencana menawarkan mobil hybrid dan mobil listrik di Indonesia

Ingin mendiskusikan artikel di atas dengan editor? Ayo gabung di grup telegram, pilih grupnya Pergi ke



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *