Pasca gempa Sumedang, perbaikan fasilitas umum dan rumah warga menjadi fokus PUPR

Bisnis205 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMenteri Pekerjaan Umum dan Perumahan RakyatPUPRBasuki Hadimuljono memprioritaskan perbaikan fasilitas umum (FASUM) dan rumah warga. Gempa bumi sumadang.

“Untuk fasilitas umum, saya kira RSUD dan SMAN 1 Sumedang kita prioritaskan untuk segera dikerjakan. Secara keseluruhan strukturnya masih aman, tapi ada beberapa retakan jadi kita lakukan.” Regenerasi atau perkuatan bangunan,” kata Basuki di Jakarta, Rabu, 3 Januari 2023.

Menurut Basuki, perawatan tersebut tidak hanya untuk memperbaiki retakan saja, tapi juga meningkatkan keindahan dan kualitas kawasan agar lebih baik.

“Perbaikan secepatnya minggu depan, karena masih banyak ruangan yang harus segera ditangani, seperti ruang operasi dan ruang cuci.”

Sementara untuk rumah warga, berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar dan Pj Gubernur Jabar, saat ini belum diperlukan tempat lain. Sedangkan perbaikan dilakukan berdasarkan tingkat kerusakan.

“Rumah yang rusak berat, sedang, atau ringan pasti mendapat bantuan dari pemerintah berdasarkan kriteria kerusakannya. Sejauh ini dilaporkan ada sekitar 1.100 rumah rusak. Dinas dan BNPB memastikan tidak ada rumah rusak yang lolos.” kata Basuki.

Gempa tersebut diduga akibat pergerakan sesar aktif.

iklan



Quoted From Many Source

Baca Juga  Menteri Hadi Tjajanto Alasan Warga Bangka Belitung Rentan Mafia Tanah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *