Para petani menutup perbatasan Rumania dan Ukraina, menyebabkan harga produk pertanian turun.

Bisnis420 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaPada hari Sabtu, 13 Januari 2024, pos pemeriksaan di perbatasan antara Ukraina dan Rumania diblokir oleh petani dari negara anggota UE. UE terus mengimpor produk pertanian dari Ukraina, yang menyebabkan kenaikan harga di wilayah Laut Hitam, sehingga mendorong beberapa produsen pertanian melakukan demonstrasi di wilayah tersebut dalam beberapa hari terakhir.

Larangan di par Petani Hal ini dibenarkan oleh otoritas perbatasan Ukraina yang melalui Telegram mengatakan ada sejumlah truk yang melewati pos pemeriksaan Siret. Pos pemeriksaan Siret telah menjadi jalur ekspor terbesar bagi barang-barang Ukraina yang ingin masuk ke UE. Karena larangan ini, pengiriman barang dari Ukraina tidak mungkin dilakukan. Ketika jalan perbatasan Siret ditutup oleh para pengunjuk rasa, 825 mobil dari Ukraina sedang mencari cara untuk memasuki Rumania.

Pejabat Ukraina mengatakan alasan larangan tersebut belum diketahui. Awal pekan ini, beberapa media di Rumania melaporkan bahwa para petani di Rumania utara memutuskan untuk menutup pos pemeriksaan perbatasan Siret.

Pada Sabtu sore, 13 Januari 2024, otoritas perbatasan Ukraina mengumumkan bahwa blokade telah dicabut dan truk kini dapat melintasi pos tersebut. berbatasan. Akan ada beberapa demonstrasi yang dilakukan para petani menyusul ekspor gandum Ukraina ke UE pada tahun 2023. Banyak produsen pertanian di Polandia juga menutup beberapa wilayah perbatasan. Protes ini sebagian besar disebabkan oleh kebijakan Ukraina terhadap Uni Eropa di tengah Perang Ukraina.

Tak lama setelah konflik dimulai, Uni Eropa menangguhkan tarif terhadap ekspor Ukraina dan mendanai Kiev. Gandum murah dari Ukraina membanjiri UE. Petani dari negara-negara anggota UE tidak mampu bersaing dengan harga murah tersebut.

iklan

Uni Eropa Impor gandum dari Ukraina ditangguhkan pada Mei 2023, namun aturan ini dicabut pada September 2023. Polandia, Hongaria, Slovakia dan Rumania telah menolak kebijakan UE yang tidak mengimpor gandum dari Ukraina dan memberlakukan undang-undang mereka sendiri yang berlaku secara nasional. Namun kebijakan ini ditentang oleh Organisasi Perdagangan Dunia.

Baca Juga  Menteri Pertahanan Rusia mengkaji modernisasi kapal selam nuklir Armada Pasifik

Sumber: RT.com

Pilihan Editor: Benjamin Netanyahu Membuktikan Tidak Ada yang Dapat Menghentikan Israel dalam Perang Gaza

Ikuti berita terkini Tempo.co Di Google Berita, klik disini



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *