Momen Pratikno, Basuki, dan Hasto menghadiri wisuda anak UGM, apa yang dibicarakan?

Bisnis193 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Tiga orang wakil orang tua atau lulusan Universitas Gadja Mada UGM Rabu (25/10), wisudawan program pascasarjana Fakultas Kedokteran, Keperawatan, dan Kesehatan Masyarakat (FKKMK) tampil di panggung pada acara pelepasan dan penerimaan mahasiswa baru. Ketiga orang tuanya adalah Menteri Luar Negeri Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, dan Kepala BKKBN Hasto Wardoyo.

Di atas panggung, ketiganya membahas persoalan penanganan kesehatan jiwa di Indonesia yang masih rendah. Hal ini bermula dari keprihatinan Hasto melihat semakin banyaknya penderita kesehatan emosi dan mental di kalangan remaja Indonesia.

“Selama ada Menteri Negara. Lulusan yang diwisuda kini tidak hanya memasuki bidang klinis tetapi juga manajemen (kesehatan). “Terlintas di benak kami ingin berbicara tentang psikiatri dan kekurangan-kekurangan psikiatri,” kata Hasto dikutip dari website UGM.

Berdasarkan data Survei Kesehatan Dasar 2018, prevalensi gangguan kesehatan mental emosional pada remaja di Indonesia mencapai 9,8 persen, kata Hasto.

Basuki langsung merespons. “Untungnya saya tidak ke FK (Fakultas Kedokteran), saya alumni dan masih membicarakan hal-hal yang serius,” canda Basuki, mahasiswa Program Studi Teknik Geologi FT UGM.

iklan

Meski begitu, Basuki mengakui infrastruktur rumah sakit khusus kesehatan jiwa di luar Pulau Jawa masih sangat terbatas. Tak lama kemudian, kata Basuki, ia menemui Gubernur Sulut dan menyampaikan bahwa rumah sakit jiwa yang dibuka Pemprov Sulut itu langsung dipenuhi pasien dari luar daerah. “Di Sulut baru dibangun rumah sakit jiwa untuk menerima pasien dari Maluku, Maluku Utara, dan Papua,” jelasnya.

Melihat kondisi tersebut, Praticno menegaskan mendapat tugas baru untuk membangun infrastruktur rumah sakit jiwa di daerah. “Menteri Pekerjaan Umum harus membangun infrastrukturnya. Selain menjadi tanggung jawab Alumni baru (UGM) dan perangkat daerah,” ujarnya.

Baca Juga  Pemerintah menjamin tidak akan ada kenaikan tarif listrik dan bahan bakar, melainkan hanya sampai Juni 2024.

Diketahui, tiga pejabat negara hadir di lingkungan FKKMK untuk menghadiri acara wisuda putra-putrinya masing-masing. Anak ketiga Basuki Hadimuljono, Dira Midiani, dan putri Pratikno, Hilda Mutia Hanum, keduanya merupakan lulusan program studi Magister Kebijakan dan Manajemen Kesehatan. Sedangkan putra Hasto Wardyo, Romzi Azmi Lazuardi, telah lulus dari program spesialis obstetri dan ginekologi.

Pilihan Editor: Pra-Layanan PPG Gelombang 3 Terbuka, Gratis Biaya Pendidikan 2 Semester



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *