Menteri Pariwisata San Diego menargetkan 6.000 desa wisata tahun depan

Bisnis264 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan penambahan jumlah desa wisata di Indonesia dari 4.700 menjadi 6.000 pada tahun depan.

Menurut Sandiaga, bertambahnya desa wisata juga seiring dengan bertambahnya lapangan kerja di sektor pariwisata. “Desa wisata mampu menciptakan 4,4 juta lapangan kerja baru pada tahun 2024,” ujarnya, Jumat, 15 September 2023.

Sandiaga menambahkan, pihaknya bekerja sama dengan Ikatan Pemuda Desa Indonesia (IPDA) untuk mewujudkan target tersebut. Sandiaga meyakini pemuda desa mempunyai potensi menjadi agen perubahan.

Sandiaga juga menambahkan bahwa Jawa menyumbang 60 persen dari total jumlah lapangan kerja, dan Jawa Tengah menyumbang sepertiganya, karena provinsi ini menjadi tuan rumah bagi destinasi pariwisata seperti Borobudur.

“Dibandingkan yang lain [sectors]Sektor pariwisata dapat menciptakan lapangan kerja yang luas. Ia mengatakan, pihaknya akan berupaya memberdayakan generasi muda.

Pada Kamis, 14 September 2023, Menteri Sandhyaga mengunjungi Desa Wisata Sambarlulu di Desa Pendem, Mojogadang, Provinsi Karanganyar. Desa ini terus berkembang sebagai tujuan wisata.

Setelah meraih Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021, Desa Wisata Sumberlulu menjadi salah satu pilot project pengembangan usaha di bidang pariwisata.

Septia Ryani

klik disini Untuk mendapatkan berita terkini dari Tempo di Google News



Quoted From Many Source

Baca Juga  Aktivis Lingkungan Hidup ICJR Karimunjawa Daniel Fritts Ungkap 4 Penyebab yang Perlu Diselesaikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *