Mendagri mengingatkan peran Dukapil sangat penting bagi bangsa Indonesia

Bisnis106 Dilihat

informasi nasional – Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian Rapat Koordinasi Nasional Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Rakornas Dukapil) mempunyai peranan yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Karena Ditjen Dukapil menguasai informasi publik, dan merupakan salah satu jantung negara.

Dukapil merupakan satu-satunya instansi yang memiliki data kependudukan terlengkap dibandingkan instansi lain di seluruh Indonesia, kata Mendagri Tito saat memberikan pengarahan pada Rakornas Dukapil di Batam, Selasa 27 Februari 2024 malam.

Menurut Menteri Dalam Negeri Tito, data jumlah penduduk Indonesia yang paling akurat adalah 280.725.438 jiwa per 31 Desember 2023. Berdasarkan nama dan alamat Penuh sidik jari dengan NIK dan informasi biometrik; Pengenalan wajah Dan orang Irlandia mata Sedangkan data Dukkapil didasarkan pada satu nomor identifikasi publik yang banyak digunakan oleh instansi pemerintah dan swasta untuk melakukan verifikasi dan autentikasi individu.

“Kami menggunakan metode otentikasi digital untuk menghindari birokrasi yang terlibat. Kenali pelanggan Anda (KYC), dan menggunakan langkah-langkah keamanan digital. E-KYC untuk mengidentifikasi siapa Anda di semua layanan publik melalui otentikasi dan verifikasi berbasis NIK. “Ini digunakan untuk pembuatan paspor, NPWP, BPJS kesehatan, termasuk untuk pembuatan SIM, STNK-BPKB di polisi lalu lintas,” ujarnya.

Hal inilah yang sebenarnya menjadi alasan mengapa peran Ditjen Dukapil begitu sentral bagi bangsa Indonesia, kata Mendagri. “Data publik sangat berguna untuk analisis detail perencanaan pembangunan, penyusunan informasi pemilih pemilu, pilkada, dan pilkades.”

Kemudian untuk pengalokasian DAU, Dana Desa, dan DAK, dasar perhitungannya digunakan untuk verifikasi dan verifikasi informasi publik, informasi bantuan sosial dan subsidi, serta untuk kepentingan penegakan hukum dan pencegahan kejahatan.

Di tahun Rakornas Dukapil yang pertama pada tahun 2024 bertujuan antara lain untuk menilai kekuatan dan capaian, kelemahan serta tujuan Ditjen Dukapil. arah (track) untuk Dukkapil yang lebih baik.

Baca Juga  Tiket uji emisi berlaku minggu ini dan denda maksimal Rp 500 ribu



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *