Menanggapi Isu Dibukanya Kembali Toko TikTok, Mendag Menanggapi: Kalau Mau Urus Perizinan Silakan

Bisnis188 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri PerdaganganMenteri Perdagangan) Zulkifli Hasan atau Zulhas angkat suara terkait hal tersebut. TIK tok Toko tersebut akan dibuka kembali pada 10 November 2023.

Kabar ini sudah ramai diperbincangkan masyarakat di media sosial X.

berdasarkan ZulhaJika toko Tik Tok dibuka di Indonesia, maka toko tersebut akan tetap buka. Perlu diketahui bahwa TikTok perlu mengurus izin yang ditetapkan pemerintah terlebih dahulu.

“Kalau mau mengajukan izin, silakan. Kami tidak akan menolaknya,” kata Zulhas usai mengunjungi Pasar Tanah Abang, Jumat, 13 Oktober 2023.

Zulhas juga menjelaskan, izin yang dimaksud adalah izin e-commerce. Pasalnya, hingga saat ini TikTok hanya mengantongi izin sebagai bisnis sosial. Namun e-commerce tersebut belum mendapat izin dari Kementerian Perdagangan.

iklan

“Kami tidak menutupnya, tapi kami sedang menyiapkan aturan saat mengajukan izin e-commerce. Misalnya makanan, minuman farmasi, bubuk atau sejenisnya harus ada izin BPOM,” jelasnya.

Tik Tok Shop yang sebelumnya merupakan salah satu fitur layanan di media sosial Tik Tok telah resmi ditutup pada tanggal 4 Oktober 2023.

Hal ini menyusul kebijakan pemerintah Indonesia yang melarang media sosial berfungsi ganda sebagai e-commerce melalui jual beli. Aturan tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan atau Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023.

Di sisi lain, TikTok belum mengomentari isu terkini.



Quoted From Many Source

Baca Juga  Jadwal final Hong Kong 2023 dibuka hari ini: 3 wakil Indonesia memburu gelar juara, Jonathan Christie salah satunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *