Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran Gunakan Dana BOS, Apa Itu Dana Operasional Sekolah?

Bisnis97 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menteri Koordinator Perekonomian Erlanga Hartarto mengusulkan agar biaya program simulasi dikurangi. makan siang gratis Calon presiden dan wakil presiden Prabowo-Gibran didukung oleh Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Kami memberikan pendanaan melalui dana hibah operasional sekolah khusus atau BOS khusus atau BOS sertifikasi untuk khusus memberikan makan siang kepada siswa.” Airlangga Hartarto Sebelum simulasi makan siang gratis di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang pada hari Kamis 29 Februari 2024.

Erlanga mengatakan, dana BOS yang digunakan untuk menutup biaya program makan siang gratis adalah dana BOS. Pendanaan BOS yang diberikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan setiap tahunnya sebesar 20 persen dari APBN yaitu sebesar Rp 660,8 triliun pada tahun 2024.

Mengingat biaya 15.000 Birr per siswa untuk setiap anak dalam program ini dan susu gratis untuk 70 juta siswa, maka tidak mungkin mengambil uang dari program makan siang gratis tersebut. Total program yang dialokasikan dari dana APBN 2025 untuk tahun 2024-2025 ini mencapai 450 triliun dolar per tahun.

Apa itu Dana BOS?

Bagian Dana Bantuan Operasional atau lebih dikenal dana BOS Merupakan program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi yang bertujuan untuk mendukung biaya non-manusia pendidikan dasar dan menengah sebagai bagian dari pelaksanaan program wajib belajar, dan masih banyak kegiatan lainnya yang dapat didanai sesuai dengan hukum.

Dana BOS mempunyai tiga jenis dan peruntukannya berbeda. Pertama, dana BOS reguler yang dialokasikan untuk membantu kebutuhan operasional sekolah, antara lain pembelian peralatan multimedia pembelajaran, pemeliharaan dan pemeliharaan fasilitas sekolah, serta penerimaan siswa baru.

Dana BOS kinerja dialokasikan kepada dinas pendidikan dasar dan menengah yang dinilai mempunyai kinerja baik dalam menyelenggarakan layanan pendidikan menengah.

Baca Juga  Para ekonom menyebut program susu gratis yang dilancarkan Prabowo salah sasaran, dan inilah alasannya.

Seperti telah dibahas sebelumnya, dana BOS untuk program makan siang ini diambil dari dana BOS yang ketiga, yaitu Dana BOS Konfirmasi. Dana data BOS sendiri digunakan untuk mendukung kegiatan rutin sekolah dasar dan menengah, seperti di daerah krisis, terpencil, dan perbatasan. Kedepannya, Dana Jaminan BOS akan fokus pada sekolah mengemudi.

Menurut Anidito Aditomo, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Evaluasi Pendidikan (BSCAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, besaran dana BOS yang diterima sekolah disesuaikan dengan faktor ekonomi, sosial, dan budaya. dan kondisi geografis masing-masing wilayah sekolah.

“Pada tahun 2021, separuh kabupaten/kota kita akan menaikkan BOS sebesar 30-40 persen. Ini kemenangan besar dari sisi penganggaran pendidikan,” kata Anidito dalam wawancara media di Hotel Mercure, Jakarta, Sabtu, 16 September. 2023.

Anindito mengatakan, penyesuaian yang dilakukan dalam situasi tersebut adalah dana BOS diterapkan ke setiap sekolah secara merata antara perkotaan dan pedesaan pada penilaian sebelumnya. “Sekolah di Jakarta Selatan (Jakarta Selatan) dan sekolah jauh di Papua, Kalimantan Utara (Kalimantan Utara) subsidinya sama. Padahal, indeks biaya (harga) jauh berbeda,” kata Anidito.

Mulai tahun 2023, penyaluran dana BOS reguler disederhanakan menjadi hanya dua tingkat, yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 204 Tahun 2022, Pasal 21, Pasal a dan b. Lalu ada dua langkah dalam proses penyaluran dana BOS.

Tahap 1 akan dibayar pagu alokasi negara/kabupaten/kota paling banyak sebesar 50 persen yang tidak ditunda pada bulan Januari tahun anggaran berjalan, dan tahap II sisa pagu alokasi negara/kabupaten/kota tidak akan disalurkan. , setelah bulan Juli tahun anggaran berjalan.

Addinda Alia Izdihar | ANISA FEBIOLA I YUDONO JANUAR

Pilihan Editor: Prabowo menolak serikat guru mengalihkan dana BOS untuk makan siang gratis

Baca Juga  Harga emas Antham hari ini Rp 1.116.000 per gram, naik Rp 6 ribu.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *