Mahfud Sebut MD Siahrul Yassin Limpo Jadi Tersangka Nasdem: Sejak Kapan Jadi Juru Bicara KPK?

Bisnis298 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Ketua Bendahara Umum Partai Nasdem Ahmed Sahroni mengatakan Menko Polhukam Mahfud Madi adalah Menteri Pertanian. Siahrul Yasin Limpo Dia telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. Menurut Sahroni, bukan tugas Mahfoud menjelaskan keadaan Siarul.

Sahroni mengaku kaget dengan pernyataan Mahfud di Istana Negara siang tadi.

“Sejak kapan Menko menjadi Juru Bicara KPK?” kata Sahroni kepada wartawan di Nasdaq Tower, Rabu, 4 Oktober 2023.

Namun, Sahroni mengatakan Mahfoud bisa mendapatkan informasi dari orang-orang yang mempunyai informasi.

“Sejauh ini KPK belum memberikan keterangan resmi apakah instansi terkait (Siyahrul Yasin Limpo) berstatus tersangka atau tidak,” kata Sahroni.

Biasanya, kata Sahroni, KPK hanya menginformasikan status seseorang jika ingin melakukan penangkapan.

KPK telah menetapkan 3 tersangka termasuk Siahrul.

Menurut informasi yang diterima Tempo pada tahun tersebut Komisi Pemberantasan Korupsi Tiga orang yang diduga korupsi jual beli jabatan di Kementerian Pertanian telah dipanggil. Dia adalah Menteri Pertanian. Siahrul Yasin LimpoSekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Cassidy Subaggio dan Direktur Peralatan Mesin Pertanian Mohamed Hatta.

Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi RI Ali Fikri membenarkan pihaknya telah menangkap tersangka kasus korupsi ini, namun enggan mengungkap identitas tersangka.

iklan

Seluruh proses penanganan akan dilimpahkan seluruhnya pada waktunya, kata Ali di Jakarta, Kamis, 28 September 2023.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfoud MDSiarul Yasin mengaku sudah lama mendengar Limpo ditetapkan sebagai tersangka. Menurut dia, Komisi Pemberantasan Korupsi telah menyelidiki tersangka dan menjalankan kasus tersebut.

“Saya mendapat informasi, dia (Siyahrul) sudah ditetapkan sebagai tersangka. Memang sudah lama terungkap, tapi tersangka sudah resmi ditangkap,” kata Mahfoud usai acara edukasi yang digelar Stabilitas Nasional. Institut di Istana Merdeka. Jakarta, Rabu 4 Oktober 2023.

Baca Juga  Kejutan Malam Tahun Baru dari Ratu Denmark: Dia turun tahta setelah 52 tahun bertahta

KPK memeriksa rumah dinas dan rumah pribadi Siarul

Komite Pemberantasan Korupsi telah memeriksa tempat tinggal dan kantor sah Siarul pada pekan lalu. Selama penggeledahan, penyelidik menemukan uang tunai hampir 30 miliar birr dan 12 senjata api. Hari ini, KPK juga menggeledah rumah pribadi Siahrul dan rumah anak-anaknya di Makassar. Reserse KPK membawa pulang dua koper dan satu unit mobil Audi.

Siahrul Yasin Limpo sendiri diketahui sudah berada di luar negeri sejak 24 September. Konon ia sudah mengunjungi berbagai negara Eropa. Siarul sedianya dijadwalkan pulang ke negara asalnya pada 1 Oktober, namun dibatalkan. Sahroni mengaku mendapat informasi Siahrul akan kembali ke Indonesia malam ini.

Ketua Partai Nasdaq, Surya PalohMalam ini, Siahrul Yasin Limpo mengumpulkan beberapa petinggi partai untuk membahas persoalan hukum yang tengah menyibukkan dirinya.

Pilihan Redaksi: Malam ini Surya Paloh kumpul petinggi Partai Nasdaq untuk membahas kasus Syarul Yasin Limpo.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *