Lulusan ITB Bicara Beda Tunggakan SPP Dulu dan Sekarang

Bisnis148 Dilihat

TEMPO.CO, Bandung – Ketua Ikatan Alumni Teknologi Bandung atau IA-ITB Jabar, Jalu Pradhono Primbodo menyayangkan adanya kekerasan di almamaternya terkait tunggakan biaya pendidikan atau UKT. “Ada batasan bagi siswa untuk mendaftar, dan ada masalah Pinjol (Pinjaman Online),” ujarnya, Kamis, 1 Februari 2024.

Menurut Pak Jalu, mahasiswa tidak mampu membayar SPP dan menunggak bukanlah hal yang baru. Isu tersebut selalu muncul setiap semester. Mantan mahasiswa, kata Jalu, mengetahui situasi tersebut, namun tidak mempermasalahkan larangan UKT yang menerima mahasiswa menunggak.

“Masing-masing rektor pendekatannya berbeda-beda, setahu saya tidak ada apa-apa, tapi kalau ada tunggakan, kebijakan penolakan ijazah akan tetap dilanjutkan,” ujarnya.

Alumni, tambah Jalu, telah turun tangan membantu mahasiswa yang kesulitan di UKT. Hal ini dilakukan melalui berbagai jalur seperti program studi, Salman Charitable House dan penggalangan dana melalui beasiswa luar biasa.

“Yang kita sayangkan, hal itu muncul lebih awal, padahal kita bisa saja mendekati departemen, himpunan alumni, atau ITB. Kita bisa mengantisipasinya lebih awal. Tidak perlu.meledakkankata Jalu.

Selain mahasiswa, alumni mengaku masih memiliki tagihan biaya kuliah. Lulusan tersebut boleh saja lulus namun ijazahnya tidak akan diberikan oleh ITB sampai tunggakannya dilunasi. Menurut Jalu, Ikatan Alumni telah membantu sejumlah kasus tunggakan alumni dengan informasinya.

iklan

Cara pembayarannya adalah alumni datang ke ITB untuk membayar dan kemudian menyerahkan ijazahnya. Menurutnya, belum ada mekanisme pengumpulan yang sistematis dari ITB. “Misalnya mantan mahasiswa butuh ijazah, dia menebus dirinya sendiri. Soalnya kalau tidak butuh ijazah, dia tidak bisa menebus dirinya sendiri,” ujarnya.

Jalu sebelumnya menduga tunggakan biaya sekolah tidak menjadi masalah arus kas ITB tidak terganggu karena banyak pemasukan yang berasal dari sumber lain seperti proyek dan kerjasama dengan berbagai entitas. “Mungkin saja karena kondisinya sekarang sedikit berbeda. Eksekusi “Lebih dari UKT terhadap penerimaan,” ujarnya.

Baca Juga  Cara Daftar Kemenhub Tahun 2024 Ed Gratis Syarat, Jadwal dan Cara Daftar

Wakil Rektor Bidang Keuangan, Perencanaan dan Pembangunan ITB, Muhammad Abduh, merahasiakan besaran tunggakan biaya kuliah saat ini. Menurutnya, tunggakannya sangat besar.

Mengenai tunggakan di ITB, dalam jumpa pers Rabu, 31 Januari 2024, ia mengatakan: “Jumlahnya terlalu banyak dan tidak hanya mahasiswa saat ini, tetapi juga mantan mahasiswa.” Tunggakan Abduh dilaporkan ke Badan Pemeriksa Keuangan. kementerian terkait.

Pilihan Editor: Prakiraan cuaca hari ini di Jakarta dan sekitarnya, waspadai hujan sesekali.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *