Lihat tips mendapatkan LoA untuk beasiswa LPDP

Bisnis210 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Berkas surat Penerimaan atau LoA adalah semacam berkas untuk mengajukan beasiswa termasuk beasiswa atau beasiswa dari lembaga pengelola dana pendidikan. LPDP. Namun pendaftaran Beasiswa LPDP juga bisa dilakukan tanpa LoA.

Loa ada dua jenis yaitu Tak bersyarat Dan Bersyarat. Loa Tak bersyarat Surat yang menyatakan bahwa seseorang telah diterima di universitas tanpa syarat. Artinya calon hanya perlu mendaftar ulang.

Ada informasi yang harus dimasukkan dalam LoA. Tak bersyarat Meliputi program studi, masa studi, mulai perkuliahan, informasi pendaftaran ulang, pembayaran dan lain sebagainya. Sedangkan LoA Bersyarat Berupa surat pernyataan bahwa calon telah diterima di universitas sesuai kriteria tertentu. Artinya calon tersebut tidak diterima sepenuhnya karena tidak memenuhi beberapa kriteria:

1. Nilai kemahiran bahasa Inggris tidak memenuhi nilai minimal yang ditetapkan.

2. Anda tidak mempresentasikan topik penelitian atau kajian.

3. Anda belum menyerahkan dokumen seperti ijazah dan transkrip nilai untuk persyaratan pendaftaran perguruan tinggi.

4. Anda belum menyerahkan pernyataan sponsorship atau dokumen lainnya.

Untuk memudahkan Anda masuk ke kampus impian, LPDP memberikan tips bermanfaat dalam mendapatkan pinjaman. Mengikuti akun Instagram @lpdp_ri, berikut empat tips yang bisa menjadi strategi meraih kampus impian.

1. Tentukan tujuan

Pelamar harus menentukan terlebih dahulu tujuan studinya, mulai dari bidang studi atau program studinya, universitas tujuan, dan negara tujuan. Penerapan strategi ini memerlukan penelitian menyeluruh agar kandidat dapat menemukan tujuan yang sesuai dengan tujuan studi dan kekuatan pribadinya. Jika ingin mendaftar pada skema beasiswa LPDP, pastikan universitas tujuan masuk dalam daftar universitas yang diidentifikasi oleh LPDP.

iklan

2. Ketahui tujuannya secara mendalam

Setelah program studi, kampus, dan negara tujuan ditetapkan, saatnya menganalisis informasinya. Calon mahasiswa dapat browsing internet untuk mengetahui segala sesuatu yang berkaitan dengan program studi dan kampus. Kandidat harus mengetahui persyaratan dan jangka waktu pendaftaran, cara mendaftar serta tahapan dan jadwal seleksi.

Baca Juga  Dokumenter Ice Cold: Pembunuhan, Kopi dan Jessica Wongso, Siapa yang Menuangkan Sianida ke dalam Kopi?

3. Buatlah tabel rincian

Tip ketiga untuk mencapai LoA adalah dengan membuat bagan tujuan. Tabel yang dihasilkan harus berisi rincian nama kampus, program studi, negara, lama studi, persyaratan dan halaman pendaftaran, jadwal seleksi dan biaya pendaftaran. Tidak apa-apa memilih lebih dari satu tujuan untuk meningkatkan peluang Anda.

4. Tetapkan persyaratan

Setelah semua informasi terkumpul dan dicatat, kini saatnya mulai menyiapkan dokumen persyaratan yang disebutkan. Misalnya saja dokumen curriculum vitae; Pernyataan tujuan, surat dukungan, sertifikat kemahiran bahasa Inggris dan dokumen persyaratan fisik lainnya. Pada strategi ini acara lebih terorganisir dan jangan lupa untuk membuat timeline agar tidak ada yang terlewatkan.

Berikut 4 tips LoA untuk menyasar perguruan tinggi impian Anda.

Pilihan Editor: Beasiswa LPDP khusus putra dan putri Papua dibuka tahun depan



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *