Kurangi MSG dan gunakan 10 alternatif ini sebagai bumbu masakan

Bisnis266 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMonosodium glutamat Atau MSG dikenal sebagai penyedap rasa yang populer. Namun bagi sebagian orang MSG Hal ini diyakini menimbulkan efek samping negatif yang harus dibatasi. Akibatnya, sebagian orang kerap mencari pengganti MSG. Dilansir dari berbagai sumber, berikut 10 bahan alternatif pengganti MSG:

1. Daging dan ikan

tersebut dokter baik.co.id, Daging Sebenarnya tidak perlu banyak bumbu tambahan karena sudah mengandung enzim zingibin yang mampu memecah protein menjadi asam amino. Jadi rasanya manis, manis dan asin sesuai dengan cara memasaknya.

2. kecap

Dari sumber yang sama, kecap kaya akan protein sehingga memberikan rasa yang unik, dan zat ini sering difermentasi untuk menghasilkan rasa tertentu. Salah satunya adalah penggunaan umami Jepang.

3. Rempah-rempah

Berbagai jenis rempah-rempah seperti cengkeh, kayu manis, merica, ketumbar mampu menggantikan peran MSG ringan. tersebut sayurbox.com, Menggunakan MSG memang membuat ketagihan, sehingga bumbu tersebut justru menciptakan cita rasa tersendiri.

4. Keju

Pemecahan asam amino pada keju terjadi ketika fermentasi memakan waktu lama. Masih dari sumber yang sama, keju dengan proses fermentasi tahunan justru menambah rasa umami di dalamnya, terutama keju parmesan.

5. Jamur

Sering digunakan sebagai pengganti daging, jamur berpotensi menggantikan MSG sebagai penyedap rasa. Jamur yang dibuat dalam bentuk sup akan terasa manis dan gurih karena kandungan protein yang tinggi di dalamnya, sehingga cocok juga bagi pecinta makanan non hewani.

6. Tomat

Demikian pula, tomat mengandung asam glutamat, yang merupakan versi MSG yang lebih aman. Selain digunakan sebagai saus atau saus sambal, tomat memulai debutnya sebagai bahan penyedap makanan.

7. Bawang putih

TBC jenis ini merupakan bumbu yang terdapat pada setiap makanan. Bawang putih memiliki rasa manis yang lebih kuat dibandingkan MSG. Selain itu, bawang putih mempunyai banyak manfaat bagi tubuh.

Baca Juga  Tips menghindari penipuan saat bepergian sendirian

8. Terasi udang

Pilihan bumbu masakan berikutnya adalah terasi dari olahan ikan. Meski aromanya kuat, sumber yang sama menyebutkan bahwa terasi membuat makanan lebih segar, enak, dan menggugah selera.

9. Paprika dan jahe

Berdasarkan halaman zwitsal.co.id, Paprika dan jahe mengandung kolin yang penting untuk tumbuh kembang janin pada ibu hamil. Kandungan 450 mg kolin yang terdapat pada paprika dan jahe membantu memberikan nutrisi yang cukup pada otak janin. Rasa pedas alami dari paprika dan jahe menciptakan beragam rasa.

10. Minyak ikan

Kaya akan omega-3 dan omega-6, minyak ikan dimurnikan saat ditambahkan ke dalam masakan. Berdasarkan kutipan yang sama. Minyak ikan Membantu perkembangan otak dan mencegah cacat pada otak dan organ lainnya.

Pilihan Editor: 5 Makanan Yang Dapat Menyebabkan Gejala Vertigo



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *