KPK menyita 10 bidang tanah dan bangunan dari Abdulgani Kasuba, berikut sekilas kasusnya

Bisnis36 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Pemberantasan Korupsi atau Komisi Pemberantasan Korupsi 10 properti disita, termasuk hotel milik Gubernur Malut Abdulgani Kasuba. Properti ini tersebar di kota Ternet, kota Tidore Kepulauan dan Halmahera Selatan.

Berdasarkan keterangan saksi yang diperiksa tim penyidik, diketahui tersangka memiliki beberapa properti yang bernilai ekonomi. Abdulghani Kasuba “(AGK) yang tersebar di berbagai lokasi antara lain Kota Ternate, Kabupaten Tidore Kepulauan dan Bacan, Halmahera Selatan diduga terkait dengan kasus yang sedang didalami,” kata Juru Bicara dan Staf KPK, Ali Fikiri, dalam keterangan tertulisnya. Jumat 22 Maret 2024.

Properti yang dimaksud, kata Ali, berjumlah 10 bidang tanah dan bangunan dan diambil alih pada Rabu, 20 Maret 2024. “Salah satu kavlingnya ada bangunan hotel yang akan segera siap dibangun,” kata Ali.

Dia ditangkap setelah tim penyidik ​​KPK menerima keterangan para saksi yang diperiksa. Informasi ini menuduh tersangka memiliki beberapa properti yang memiliki kepentingan ekonomi.

Penyitaan wajib ini bertujuan untuk memulihkan aset negara yang rusak akibat korupsi. Sebelumnya, Abdulgani Kasuba ditangkap pada 18 Desember tahun lalu di Jakarta bersama rekan-rekannya dalam operasi yang dilakukan KPK.

Mereka diduga memberi suap terkait pembangunan infrastruktur jalan. Komisi Pemberantasan Korupsi kemudian memperluas penyidikan terhadap dugaan korupsi di bidang perizinan pertambangan. Berikut sekilas permasalahannya.

Di tahun Pada 5 Januari 2024, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memeriksa Ketua DPD Gerindra Maluku Utara Muhaimin Sirif sebagai saksi terkait penerimaan uang dari AGK.

“Pada Jumat, 5 Januari, tim penyidik ​​Gedung Merah Putih KPK telah menyelesaikan pemeriksaan terhadap saksi Muhaimin Sirif selaku petugas swasta. Saksi hadir dan didalami pengetahuannya, termasuk dugaan penerimaan uang dari KPK. tersangka AGK,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin, 8 Januari 2024.

Baca Juga  Lahan yang akan dipinjamkan ke Perkebunan Udang, Pemda Sumba Timur meminta pekerja lokal diprioritaskan

Ali menjelaskan, penyidikan kasus suap terhadap Abdulgani Kasuba dan 6 tersangka lainnya terkait pengadaan dan perizinan suatu proyek di Provinsi Maluku Utara masih berjalan. Mereka menambahkan, tes tersebut juga menegaskan adanya peran orang-orang terdekat tersangka AGK dalam pengurusan izin pertambangan di wilayah Maluku Utara.

Pada Jumat, 16 Februari 2024, tim penyidik ​​KPK menyerahkan barang bukti kepada tim jaksa terkait tersangka dan kasus suap terkait AGK.

iklan

Kepala Bidang Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan, berdasarkan penelusurannya terhadap berkas perkara, tim JPU menemukan kelengkapan berkas perkara, baik formil maupun faktual. Penahanan masing-masing tersangka akan dilanjutkan selama 20 hari ke depan hingga 6 Maret 2024 di Rutan Cabang KPK, ujarnya melalui keterangan tertulis.

Dalam waktu 14 hari kerja, akan dilakukan sidang pendahuluan yang meliputi penyerahan berkas perkara dan berkas perkara ke Pengadilan Tipikor.

Di tahun

“Hari ini di Gedung Merah Putih KPK dijadwalkan dilakukan pemanggilan dan penyidikan oleh tim penyidik,” kata Ali Fikhri dalam keterangan resmi, Jumat, 23 Februari 2023.

Komite Pemberantasan Korupsi telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap dua anggota TNI yang diduga korupsi. Ali Fikry Minggu, 3 Maret 2024 “Pada hari Senin, tim penyidik ​​KPK telah menjadwalkan pemeriksaan terhadap saksi Husni Lelia dan Dede Sobari.

Lelean dan Sobari adalah asisten AGK. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melayangkan surat panggilan kepada Kepala Staf kedua anggota TNI tersebut. Angkatan Udara Indonesia dan militer Indonesia sebagai upaya bersama untuk menuntut tantangan saksi.

“Kami tentunya berharap kedua saksi tersebut dapat ditemukan karena keterangannya akan membantu penyelesaian perkara tersangka AGK dan memperjelas perbuatan terdakwa,” ujarnya.

Sukma Kanti kesadaran saya pribadi baik | MUTIA YUANTISYA | Arstia Wianto yang hemat

Baca Juga  5 Fakta Ikon Kapal Pesiar Terbesar di Dunia

Pilihan Redaksi: KPK sita hotel milik Gubernur Malut Abdulgani Kasuba



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *