KPK menetapkan 3 orang tersangka dugaan korupsi pengadaan sistem pengamanan TKI, 2 orang di antaranya merupakan pimpinan Kementerian Ketenagakerjaan.

Bisnis276 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Komisi Pemberantasan KorupsiKomisi Pemberantasan Korupsi) di tahun Pada tahun 2012, Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kmankertrans) menetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan korupsi pengadaan sistem perlindungan tenaga kerja Indonesia.

Menurut Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Alexander Marwata, saat ini ada dua tersangka yang ditahan yakni Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan dan Mutasi Ketenagakerjaan Kementerian Ketenagakerjaan 2011-2015, Rayna Usman, dan ASN/Pejabat Kementerian Ketenagakerjaan. 2011-2015. Pengadaan Sistem Proteksi Tiki Tahun 2012, Neoman Dharmanta.

Sementara itu, Karunya selaku pihak swasta, Direktur PT AIM (Adi Inti Mandiri), menghimbau agar dapat bekerjasama dan menghadiri jadwal panggilan selanjutnya.

Saya dan Raina Usman, Neoman Darmantha, ditahan 20 hari pertama di Lapas KPK pada 25 Januari hingga 13 Februari 2024.

Konstruksi kasus tersebut mengikuti rekomendasi Kelompok Koordinasi Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dalam upaya mengolah informasi perlindungan pekerja migran Indonesia untuk memastikan pemantauan dan pengendalian yang baik. sesegera . Kementerian Tenaga Kerja Pada tahun 2012, melaksanakan pengadaan Sistem Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Selaku Direktur Jenderal Pengembangan Sumber Daya Manusia, Reyna menyampaikan anggaran tahun 2012 sebesar Rp 20 miliar kepada Dirjen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Dalam akuisisi ini, I Nyoman Dharmanta terpilih dan ditunjuk sebagai pembuat komitmen siaga (PPK).

Sekitar bulan Maret 2012 telah diadakan rapat diskusi awal dengan inisiatif RE I Nyoman Darmanta dan Karunia selaku Direktur PT AIM. Kemudian disepakati penyusunan Harga Perkiraan Sendiri (HPS) atas perintah Rayna Usman seluruhnya berdasarkan data tunggal dari PT AIM.

Alex menjelaskan, proses penawaran sejak awal didasarkan pada perusahaan pemenang adalah Carunia.

iklan

“Carunia sebelumnya telah menyiapkan dua perusahaan lain yang seolah-olah akan mengikuti tender agar PT AIM dinyatakan sebagai pemenang tender.

Baca Juga  Gibran menanggapi pernyataan FX Rudy yang tak lagi menjadi bagian PDIP

Selanjutnya status pemenang lelang diketahui sepenuhnya oleh I Nyoman Darmanta dan Reyna Usman.

Pada saat kontrak kerja dilaksanakan, diketahui terdapat item pekerjaan yang tidak memenuhi persyaratan yang tercantum pada awal pekerjaan, antara lain komposisi perangkat keras dan perangkat lunak.

Selain itu, sesuai persetujuan PPK oleh I Nyoman Darmanta, pembayaran sudah dilakukan kepada PT AIM sebesar 100 persen meski fakta di lapangan hasil pekerjaan belum sepenuhnya 100 persen.

Faktanya, instalasi hardware dan software yang menjadi landasan utama lokasi tersebut belum dilakukan sama sekali Pekerja migran di Malaysia dan Arab Saudi.

Pilihan Editor: Besok, Depok akan menerapkan sistem buka tutup di simpang Mampang di Jalan Raya Sawangan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *