Kontroversi Pilpres: 4 Menteri Diundang MK Besok, Begini Tanggapannya

Bisnis6 Dilihat

TEMPO.CO, JakartaMahkamah Konstitusi Jumat depan, 5 April 2024 akan dilakukan uji coba Debat pemilihan presiden Agendanya antara lain mendengarkan keterangan 4 Menteri Kabinet mengenai pembagian Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU). Bansos Jokowi Sebelum pemilihan umum.

Empat menteri yang diundang adalah Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Muhadir Effendi Menteri Koordinator Perekonomian Erlanga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Sosial Tri Rismaharini.

Presiden Jokowi sendiri mengundang empat ajudannya untuk hadir.

Muhadir menyatakan akan memenuhi undangan Mahkamah Konstitusi. “Iya masyarakat diajak hadir. Apalagi kalau bapak-bapak (media) hadir mengundangTentu saja saya akan berada di sana, kata Muhader di Jakarta, Rabu.

Menurut Muhadir, tidak ada pengaturan khusus dalam undangan ini. “Tidak ada persiapan, saya hanya ingin bertanya tentang apa yang sudah kita lakukan selama ini,” ujarnya.

Atas undangan MK, ia terpaksa membatalkan perjalanannya ke Mesir yang diijinkan presiden untuk menyampaikan bantuan kemanusiaan dari Indonesia kepada rakyat Palestina dan Sudan.

“Insya Allah saya akan ke sana. Saya harus berangkat ke Mesir untuk menyampaikan bantuan yang dikeluarkan presiden. Namun karena panggilan MK, makanya saya putuskan untuk melaksanakan panggilan tersebut,” ujarnya.

Airlangga mengatakan Hartarto sudah siap. Hadir setelah mendapat undangan dari MK pada Selasa malam. Ketika ditanya Meski ada arahan Presiden terkait kesaksian di Mahkamah Konstitusi, Irlanga menegaskan hanya sebatas menjelaskan fungsi pokok dan kegiatan pemerintah.

Saat ditanya apakah ada koordinasi dengan ketiga menteri yang dipanggil MK, Erlanga mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan menteri-menteri di kabinet atas Indonesia.

Kesaksian Airlangga di Mahkamah Konstitusi hanya sebatas menjelaskan sistem APBN terkait bantuan sosial (bansos) dan perlindungan sosial (perlinsos). “Bicara saja tentang pemerintah.”

Baca Juga  KPK menyebut ada penyesuaian harga dalam kasus korupsi di rumah dinas DPR

iklan

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dipastikan akan menghadiri Sidang Pemantauan PHPU Pilpres 2024 besok.

Menurut Staf Khusus Menteri Komunikasi Strategis Kementerian Keuangan, Justinus Prastowo, di Jakarta, “Menteri dijadwalkan menghadiri pemanggilan Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat 5 April 2024 pukul 08.00 WIB dalam rangka pemungutan suara. sidang perselisihan.” , Rabu.

Menurut dia, panggilan MK sudah diterima Menteri Keuangan pada Selasa malam. Sebelumnya, Sri Mulyani sempat menyatakan akan memanggil Mahkamah Konstitusi jika mendapat undangan resmi.

Menteri Sosial Tri Rismaharini mengaku menghormati undangan MK, namun mengaku belum mengetahui apa yang akan dibicarakan.

“Ya Ayo Mereka diundang. Insya’Allah. Ya TIDAK tahu (katakan apa) Pria Saya belum tahu pertanyaannya. “Itu tergantung pertanyaannya.” Risma Saat jumpa pers di Gedung Kementerian Sosial, Jakarta Pusat, Kamis 4 April 2024.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *