Konon korsleting listrik sering menyebabkan kebakaran, berikut cara mencegahnya

Bisnis207 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Korsleting listrik atau Hubungan pendek listrik Hal ini sering disebabkan oleh kebakaran pada gedung-gedung, baik rumah maupun gedung perkantoran. Jika pembebanan dan penggunaan listrik dilakukan dengan benar, maka korsleting sendiri tidak akan terjadi.

Namun penyebab korsleting listrik harus segera diketahui dan diatasi. Pasalnya jika tidak dikendalikan dapat membahayakan keselamatan dan keamanan penghuni rumah. Dalam kebanyakan kasus, korsleting dapat menyebabkan ledakan. Apisampai menjadi mengancam jiwa.

Berikut informasi penyebab, jenis dan cara mencegah korsleting listrik.

Pengertian korsleting listrik

Hubungan pendek alias hubung singkat merupakan suatu hubungan dengan hambatan listrik rendah sehingga menimbulkan arus listrik yang sangat besar. Penyebab paling umum dari korsleting adalah korsleting atau Hubungan pendek. Hubungan pendek terjadi karena penggunaan kabel yang tidak sesuai untuk peralatan listrik.

Jenis korsleting listrik

1. Hubungan pendek biasa
Hubungan pendek biasa Hal ini terjadi ketika kawat yang membawa listrik menyentuh kawat netral yang tidak ada arusnya. Hal ini mengakibatkan peningkatan resistensi terhadap kerusakan dan sejumlah besar listrik mengalir secara tidak diinginkan.

2. Hubungan pendek gangguan tanah
Korsleting listrik jenis ini terjadi ketika kabel pembawa arus menyentuh bagian ground dari sistem kelistrikan. Ground atau ground adalah jalur kabel yang menuju ke titik ground.

3. Hubungan pendek busur
Korsleting ini disebabkan oleh adanya loncatan listrik dari satu kabel ke kabel lainnya di udara. Hal ini biasanya disebabkan oleh kawat yang putus atau kawat yang meleleh.

Penyebab korsleting listrik

1. Kesalahan pemasangan listrik

Salah satu penyebab utama terjadinya korsleting listrik adalah pemasangan peralatan listrik yang tidak tepat. Gangguan ini menyebabkan terjadinya hubungan langsung antara kabel listrik positif dan negatif sehingga menimbulkan kemungkinan terjadinya korsleting listrik.

Baca Juga  Beragam tentang ambisi film, ringkasan dan akting suara

2. Penggunaan listrik yang berlebihan

Terlalu banyak perangkat listrik dalam satu rangkaian juga akan menyebabkan kelebihan beban listrik. Ketika kebutuhan daya terlalu tinggi, kabel dan sakelar dapat menjadi panas atau bahkan meleleh sehingga menyebabkan korsleting listrik.

3. Kabel rusak atau rusak

Kabel listrik yang rusak atau aus juga merupakan penyebab umum terjadinya korsleting listrik. Kabel dengan insulasi yang terkelupas, terkelupas, atau rusak meningkatkan risiko korsleting.

4. Kondisi lingkungan yang tinggi

Kondisi lingkungan yang ekstrim seperti kelembaban tinggi dan cuaca ekstrim dapat merusak beban listrik dan menyebabkan korsleting.

5. Kelalaian orang

Selain itu, korsleting listrik juga disebabkan oleh kelalaian manusia. Salah satunya adalah sembarangan menekan tombol. Kesalahan kecil seperti itu dapat menyebabkan korsleting listrik.

6. Peralatan listrik berkualitas rendah

Hubungan pendek dapat terjadi jika peralatan listrik yang terpasang di dalam rumah berkualitas rendah dan tidak memadai. Akibatnya kerusakan bisa terjadi dengan sangat cepat. Hal ini dapat menyebabkan bahaya listrik seperti ledakan dan kebakaran.

Meski tidak mungkin diprediksi kapan terjadinya, namun korsleting dapat dicegah dengan beberapa hal. tersebut kkn.undip.ac.id, Berikut beberapa cara mencegah korsleting listrik.

1. Jangan mengganti kWh meter/MBB tanpa perbedaan.

2. Periksa steker listrik, jika disekitarnya berwarna hitam segera ganti

3. Periksa instalasi listrik pada installer bersertifikat setiap 5 tahun sekali

4. Periksa secara berkala apakah kabel listrik dan perangkat elektronik dalam kondisi baik

5. Jangan menyimpan peralatan elektronik dalam waktu lama

6. Jauhkan anak-anak dari listrik atau benda berarus listrik

7. Tempatkan alatnya Listrik dan elektronik dari bahan yang mudah terbakar


KHUMAR MAHENDRA | Naomi Ayu Nougrahni

Pilihan Editor: PLN: Penggunaan listrik secara ilegal dapat menimbulkan kebakaran akibat korsleting.

Baca Juga  Kelompok Djarum Bantah Dukungan ke Prabowo-Gibran: Itu Klaim Son Tohir



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *