Keluhkan Peserta PPDB Daftar Sekolah Prioritas Tak Masuk Seleksi, Ini Jawaban Dinas Pendidikan Dickie Jakarta

Bisnis3 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Menurut Budi Awaluddin, Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DK Jakarta, petugas masih melakukan pengecekan informasi server setelah ada laporan adanya kendala saat pendaftaran atau pendaftaran peserta didik baru. PDB. “Servernya masih berfungsi normal. Namun sedang dilakukan pengecekan dan pengecekan terkait masalah ini, kata Budi, Senin, 10 Juni 2024 saat dihubungi Tempo melalui aplikasi pesan WhatsApp.

Menurut Budi, server internet untuk mendaftarkan peserta didik baru pada awal pendaftaran sudah berfungsi normal pada hari pertama, Senin, 10 Juni 2024. Pendaftaran dibuka pukul 08.00 di halaman umum PPDB Provinsi DKI Jakarta.

Beberapa peserta mengeluhkan informasi lingkungan sekolah yang tidak tercantum pada pratugas 1 dan 2. Banyak orang tua yang mengalami keluhan tersebut. Misalnya saja Yusril Tanyuny. Pria berusia 68 tahun ini menjelaskan kesulitan yang dihadapinya dalam menyekolahkan putra bungsunya ke SMA. Senin sore, Yusril mendatangi Pos Pelayanan PPDB 2024 Subbagian Pendidikan (Sudin) di SMA Negeri 70 Jakarta Wilayah 2 Jakarta Selatan.

Di sana ia melaporkan bahwa sekolah terdekat dari rumahnya tidak masuk dalam daftar prioritas 1 dan 2. “Saya tinggal di Kelurahan Petgogan, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. “Kalau prioritas pertama atau kedua tidak ada,” ujarnya saat ditemui di SMAN 70 Jakarta, Sudin Pos 2 Jakarta Selatan, Senin, 10 Juni 2024.

Menurut pejabat tersebut, Yusril mengatakan tidak ada SMA Negeri di Desa Petgogan. Namun setiap kecamatan mempunyai SMA. Terakhir, pilihan SMA masuk dalam prioritas ketiga. “Kalau masuk prioritas ketiga, anak saya tidak bisa sekolah?” dia berkata.

Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB dan seleksi sekolah hingga tanggal 12 Juni 2024. Khusus pada hari itu, pendaftaran hanya dibuka hingga pukul 14.00 WIB, karena pada hari yang sama petugas akan mengumumkan hasil pemilihan pada pukul 17.00 WIB.

Baca Juga  Departemen Kehakiman Amerika Serikat disebut akan mengambil tindakan tegas terhadap Boeing.

Sekadar informasi, zona prioritas pertama diperuntukkan bagi peserta yang berdomisili di wilayah Rukun Tetangga (RT) yang berbatasan langsung atau berdekatan dengan wilayah sekolah tujuan. Sedangkan zonasi kedua berdasarkan peta masyarakat yang berdomisili di sekitar RT. Zonasi ketiga diperuntukkan bagi pelamar yang tinggal di wilayah yang sama atau dekat dengan distrik sekolah yang dituju.

iklan

Bagi peserta yang ingin mengetahui daftar zona prioritas sekolah di dekat rumahnya dapat melihat daftar zona prioritas penerimaan peserta didik baru berdasarkan Surat Keputusan Nomor 92 Tahun 2024 yang dikeluarkan Kepala Dinas Pendidikan Daerah Khusus Ibukota Jakarta. tahun ajaran 2024/2025.

Kemunduran yang dihadapi Yusril pun sampai ke pihak Andy Priyanka. Pria berusia 41 tahun ini mengatakan dia tidak bisa memilih sekolah untuk putranya, karena sekolah dasar tersebut berada di distrik yang sama.

Andy tinggal di Kelurahan Semper Barat, Kecamatan Silinsing, Jakarta Utara. Alamatnya sesuai dengan kartu keluarga. Padahal, sesuai petunjuk teknis di atas, salah satu sekolah yang Anda pilih harus masuk dalam daftar prioritas.

Informasi di Kartu Keluarga (KK) menyebutkan dia sudah berada di Semper Barat. Namun, sekolah dasar di Semper Barat tidak masuk dalam daftar pemilih pada pemilu. “Sebenarnya SD itu satu lingkungan (RW) dengan alamat rumah saya,” kata Andy kepada Tempo melalui pesan langsung Instagram pada Senin, 10 Juni 2024.

Sejak pendaftaran PPDB dibuka hari pertama, keluhan serupa juga muncul di komentar di akun Instagram Dinas Pendidikan Diki Jakarta. Beberapa peserta mengalami kesulitan karena sekolah binaan mereka belum masuk dalam daftar. Halo Kak, mohon maaf atas kendala jalur zonasi SD, saat ini sedang diperbaiki sistemnya, mohon ditunggu dan dicoba secara berkala, kata akun Instagram @disdikdki pada Senin, 10 Juni 2024 pukul 15.00.

Baca Juga  Gempa dangkal 3,2 M melanda Bandung, Garut pada hari Jumat

Pilihan Editor:

Kisah Orang Tua yang Salah Daftarkan Tempat SD di PPDB Jakarta Harus Menunggu Satu Semester



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *