Kapolda Sulut Sebut Situasi Kota Bitung Aman dan Terkendali Usai 2 Kali Bentrok

Bisnis466 Dilihat

TEMPO.CO, Jakarta – Pasca konflik antara dua kelompok orang, situasi Kota Menggigit, Sulawesi Utara Saat ini keadaan sudah aman dan terkendali.

Polda Sulut menyampaikan: “Kami ingin menyampaikan kepada seluruh masyarakat khususnya yang berada di Kota Bitung dan masyarakat Sulut pada umumnya, serta seluruh masyarakat Indonesia, bahwa situasi dan situasi di wilayah Bitung malam ini dalam keadaan aman dan dalam keadaan aman. kontrol.” Irjen Setio Budianto dalam keterangannya, Minggu malam, 26 November 2023 di Mapolres Bitung.

Menurut Pak Setyo, pihaknya telah melakukan pertemuan dengan para pemimpin, masyarakat, dan masyarakat untuk menyelesaikan masalah tersebut Konflik dari

Namun pelaksanaan tugas khususnya aparat Polsek Biteng, Kodim Biteng, dan Polda Sulut ‘didukung’ (didukung) hingga malam ini dan hari-hari berikutnya. Melaksanakan operasi pengamanan, khususnya operasi pengamanan, “termasuk kegiatan statis di jalan atau di tempat yang memerlukan pengamanan, ini menjadi prioritas kita semua,” ujarnya.

Setio mengatakan, satu orang tewas dan dua lainnya luka-luka dalam bentrokan tersebut.

Menurut dia, tujuh orang yang diduga melakukan tindak pidana telah ditangkap. Lima penjahat telah ditangkap sehubungan dengan kematian korban, dua di antaranya memiliki hubungan keluarga dengan korban. Salah satu pelaku masih di bawah umur.

Setio menyerukan penyerahan kolektif para pelaku kekerasan atau kekerasan.

“Sebaiknya Anda menyerahkan diri, datang ke polisi secepatnya untuk melakukan serah terima yang baik, dan akan ditangani dengan baik, kemudian saya akan menjamin hak Anda untuk ditangani dengan baik oleh detektif,” ujarnya.

Setyo mengatakan akan menangkap pelaku yang tidak menyerahkan diri. “Misalnya kalau kabur pasti ada upaya dan masuk daftar pencarian orang,” ujarnya.

Menurut Setio, tokoh masyarakat sudah sepakat untuk tidak melanjutkan masalah ini lagi. “Kemudian percayakan proses pendiriannya dilakukan dengan prosedur yang sah,” ujarnya.

Baca Juga  5 Fakta Haji 2024, Kuota Terbesar Sepanjang Sejarah Menggunakan Kartu Pintar

Setio meminta masyarakat tidak mudah gusar dengan isu yang beredar.

iklan

“Jangan mudah mempercayai suatu isu atau informasi dari sumber yang tidak dapat dipercaya, mungkin dari akun anonim, akun yang tidak dapat dimintai keterangan,” ujarnya.

Setio meminta masyarakat segera melaporkan segala perkembangan yang terjadi di Kota Bitung kepada aparat kepolisian setempat, polda, kapolsek, Danramil, Wali Kota, atau Humas Polda.

Aktivitas ekonomi normal

Morits Mantiri, Wali Kota Kota Biteng, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), mengatakan pasca bentrokan dua kelompok masyarakat pada Sabtu lalu, aktivitas perekonomian di kota tersebut berjalan normal.

Meski beberapa tempat usaha tutup tadi malam, namun sudah dibuka kembali sejak Minggu pagi, kata Moritz dalam jumpa pers di Biteng, Minggu malam.

Moritz mengatakan, saat ini Kota Bitung sudah nyaman dan aktivitas perekonomian berjalan lancar dan tanpa risiko.

“Jadi masyarakat tidak perlu khawatir, kondisi di Kita Biteng sudah nyaman,” jelasnya.

Meski keadaan sudah kembali normal, pemerintah dan pejabat menyatakan akan terus menjaga keamanan di beberapa titik di kota Bitong.

Pihaknya akan turun langsung ke masyarakat, untuk memastikan situasi Kota Bitung kembali aman, dan silakan melakukan aktivitas perekonomian.

Pilihan Editor: Aliansi Sipil mengungkap enam dugaan penembakan terhadap warga di Seruyan.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *