Juara MotoGP Mandalka itu dianugerahi Pusaka Keris yang merupakan simbol keunggulan dan warisan budaya.

Bisnis168 Dilihat

TEMPO.CO, koreksi – Klimaks dari acara balap MotoGP Mandalika sukses digelar pada Minggu 15 Oktober 2023 dan melahirkan juara baru. Calon tim Ducati Francesco Bagnaia asal Italia yang biasa disapa Peco sukses menjadi juara baru MotoGP di Mandalica.

Kemenangan Peko sungguh menarik perhatian karena ia mengawali balapan dari peringkat 13 hingga peringkat 7 pada putaran pertama, kemudian ia berhasil naik ke peringkat 3 pada putaran kedelapan dan akhirnya menjadi juara dengan catatan waktu 41 menit 20,293 detik. Maverick Vinales dan Fabio Quatararo meraih posisi kedua dan ketiga.

Ada lagi yang menarik dari drama kemenangan Peko yang menarik perhatian masyarakat umum, menjadi juara dunia pertama dan satu-satunya di Indonesia. MotoGP Mandalika Warisan diberikan dalam penampilan Dari Res. Hal ini merupakan bagian dari strategi pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mempromosikan kekayaan warisan budaya kepulauan ini secara internasional.

Chris untuk tiga besar

Pemda NTB bekerja sama dengan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB. Asosiasi Grand Prix Mandalka (MGPA); Badan Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC), Dorna dan Diandra menerima tiga penghargaan kepada industri kecil dan menengah lokal NTB, Ikatan Manajer Umum Hotel Indonesia (IHGMA) dan Ikatan Keris Pasek NTB atas penyelesaian podium di Mandalka. Final MotoGP.

Penghargaan diserahkan usai upacara podium oleh Pj Gubernur NTB Lalu Gita Ariadi kepada Juara 3 Fabio Quatararo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno kepada Juara 3 Maverick Vinales, dan Menteri BUMN Eric Tohir. Juara Francesco Bagnaia alias Peco.

Keris merupakan warisan budaya Indonesia.

Alasan dipilihnya keris sebagai punggawa karena artefak ini merupakan simbol keutamaan, pengayom, dan pengayom laki-laki Indonesia. Selain itu, Keris telah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya milik Indonesia.

Baca Juga  Temukan potongan BCA bulanan berdasarkan jenis rekening

iklan

Selain semua aktivitas di atas, Keris juga menjadi aksesoris wajib bagi pria suku Sasak di Lombok. Keris selalu dibalut dengan pakaian adat lengkap oleh laki-laki Sasak.

Ketua BPPD NTB Baik Ika Wahiu Wardhani yang juga menjabat Sekretaris II Pengurus Provinsi Bidang MotoGP mengatakan, Pemkab NTB berharap seluruh pagelaran seni dan budaya tersebut dapat memperkuat citra GP Mandalika. Acara Mampu menjembatani antara olahraga, seni budaya dan pariwisata.

Suprianto Kafid

Pilihan Editor: 10 Pantai Sekitar Mandalika Yang Wajib Dikunjungi Usai Menonton MotoGP



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *