Jokowi meresmikan Satelit Satria-1 dan BTS 4G untuk akses internet di wilayah 3T.

Bisnis205 Dilihat

Informasi Nasional – Presiden Joko Widodo akan meresmikan Stasiun Bumi Satelit (Satria)-1 Republik Indonesia dan proyek Base Transceiver Station (BTS) 4G pada Kamis ini, 28 Desember 2023.

Peresmian stasiun Bumi Satria-1 berada di Desa Matungkas, Kecamatan Dimembe, Provinsi Minahasa Utara, Sulawesi Utara. Sedangkan BTS 4G berlokasi di Desa Bowombaru Utara, Kecamatan Melonguen Timur, Provinsi Kepulauan Talad, Sulawesi Utara.

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Ari Sethiadi mengatakan peresmian satelit 4G dan BTS untuk mempercepat pembangunan infrastruktur digital khususnya di kawasan 3T.

“Pembangunan BTS 4G merupakan langkah nyata untuk mendukung percepatan transformasi digital di Indonesia dan mewujudkan pemerataan telekomunikasi di seluruh pelosok tanah air,” kata Budi.

Peluncuran BTS 4G, lanjut Budi, dilakukan secara serentak dengan panggilan video jarak jauh dengan Jokowi di berbagai lokasi di Indonesia.

Sementara itu, Dirjen Bakti Kominfo Fadillah Matar menjelaskan Kawasan Pelayanan Universal Telekomunikasi dan Informasi (WPUTI) telah berhasil menyelesaikan pembangunan infrastruktur telekomunikasi.

iklan

Satria-1 juga akan mulai beroperasi dan menjangkau fasilitas pelayanan publik mulai akhir tahun ini, ujarnya.

Peluncuran Satria-1 berlangsung pada 19 Juni 2023 di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. Dengan kapasitas 150 Gbps, satelit ini merupakan yang terbesar di Asia dan ke-5 di dunia. Satria-1 diasumsikan mengorbit pada 146 derajat BT atau tepat di atas Pulau Papua.

“Sistem Satria-1 diharapkan dapat mendukung 37.000 titik akses Internet dengan kecepatan hingga 5 Mbps.”

Bhakti Kementerian Komunikasi dan Informatika telah membangun 11 stasiun bumi di Manado, Manokwari, Timika, Jayapura, Pontianak, Kupang, Ambon, Banjarmasin, Tarakan, Sikarang dan Batam. Stasiun bumi ini nantinya akan secara terkoordinasi mendukung operasional Satria-1.

“Kami berharap saudara-saudara kita di wilayah 3T dapat merasakan kemudahan layanan digital karena BTS 4G akan beroperasi di berbagai wilayah dan didukung oleh beberapa ground station karena hadirnya Satria-1,” ujarnya.

Baca Juga  Leo/Daniels langsung tersingkir di babak pertama Denmark Open 2023, berikut alasannya.



Quoted From Many Source

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *